Bulgur oh Bulgur

Adakah rekan-rekan mengenal bulgur? Bulgur adalah bahan pangan yang diimpor pada zaman kepemimpinan Soekarno untuk mengatasi kekurangan beras akibat gagal panen pada masanya. (Ah, maaf jika saya tidak akan detil. Ini tulisan ini sekedar pertanyaan kok.)

Adapun bulgur ini dikatakan telah menyebabkan generasi ibu saya menjadi kuat, ia memiliki gizi yang lebih baik dibandingkan indomie rebus yang tiap hari mungkin anda konsumsi. Sisi buruknya adalah ia harus direndam semalaman penuh untuk mencegahnya mengembang di perut. Lebih buruk lagi, meski bergizi ternyata bulgur adalah makanan kuda.

Saya coba cari melalui mbah google dan mendapati cerita ini dibenarkan adanya di lebih dari satu tempat. (Semuanya sumber bahasa Indonesia, jangan khawatir sussa baca!) Benar-benar tega bung kita satu ini, masakan rakyatnya ia biarkan memakan makanan kuda? Mau jadi apa bangsa ini?

Eh tunggu dulu, bagaimana bisa makanan kuda ini lebih bergizi dibanding makanan tradisional untuk manusia?

Ternyata di wikipedia terdapat artikel mengenai bulgur. Di sana saya tidak menemui satupun kalimat yang menyebut bulgur sebagai pakan ternak ataupun pakan kuda. Yang ada adalah cerita tentang penggunaan bulgur dalam masakan Turki (negeri asalnya), arab, hingga India. Artikel itu juga menyatakan bahwa bulgur bergizi lebih tinggi dibandingkan beras putih dan menjadi subtitusi yang amat baik.

Jadi dari mana dongeng mengenai bulgur sebagai pakan kuda? Mengapa usaha bung Karno memberi makana berizi bagi bangsa ini menjadi suatu fitnah?

Advertisements

2 thoughts on “Bulgur oh Bulgur

  1. Salah info itu kali, mas…..
    Bulgur itu bukan jaman Bung Karno, tapi bantuan dari AS untuk pemerintah Soeharto. Konon buat membantu rakyat Indonesia yg kelaparan. Padahal rakyat Indonesia gak biasa makan bubur kaya gituan……..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s