Kronik TNI 1945-1949 [REVIEW]

KronikTNI_45-49

 

Judul : KRONIK TNI: Tentara Nasional Indonesia 1945-1949

Penulis : Aan Ratmanto

Penerbit : Mata Padi

Tebal : x + 162 halaman

Harga : Rp 45000

Buku bersampul merah ini memberikan iklan cukup menarik di sampul belakangnya, dengan kutipan dari Jendral Soedirman dan pernyataan bahwa di buku ini akan ditemui fakta-fakta kecil yang menarik, semuanya disajikan “dengan ketelitian seorang pencatat, dan akurasi seorang sejarawan.” Maka sayapun merelakan uang 45 ribu rupiah berpindah dari dompet saya ke mesin kasir Gramedia.

Namun sayang sekali buku ini tidak memberi apa yang ia janjikan di sampul belakangnya. Faktakecil yang menarik dalam buku ini hanya ada satu yaitu tentang teriakan “merdeka” yang menjadi salam nasional sejak 31 Agustus. Selebihnya peristiwa yang disajikan adalah peristiwa berupa pertempuran, reorganisasi tentara, atau bantuan asing.

Sumber-sumber yang digunakan penulis dalam menyusun kronik inipun didominasi oleh buku terbitan pusat sejarah TNI AD dan tidak mengambil sumber sezaman atau arsip. Foto-foto yang digunakan sebagai ilustrasi seluruhnya diambil dari penyedia arsip dunia maya yang resolusinya amat rendah.

Bila kita bandingkan dengan Kronik Revolusi Indonesia dari Pramoedya Ananta Toer maka Kronik TNI ini adalah kebalikannya. Pram memberikan kronik dengan didukung oleh berita dari koran masa revolusi, meskipun kronik yang ia tulis memiliki rasa kekiri-kirian. Bandingkan dengan kronik Aan Ratmanto ini yang hanya menggunakan sumber sekunder dan bila melihat isi atau penerbit buku ini tampaknya kronik ini adalah fanwank dari fans militer.

Kesimpulan: saya ndak puas. 😦

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s