Borobudur, Sulaiman, dan Atlantis

Adakah rekan-rekan sudah membaca dongeng tentang Borobudur sebagai buatan Sulaiman dan para Jin? Atau tentang bahwa Borobudur adalah buatan Sulaiman dan Indonesia adalah Atlantis? Jika belum, saya anjurkan anda menghemat waktu dan tidak perlu membacanya. Di sini saya berikan kesalahan 15 argumen tentang Borobudur adalah kuil Sulaiman.

======================

1. Di buku-buku Ilmu Sejarah kita disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan pada abad ke-7 Masehi, tetapi menurut Teori paruh waktu , bahwa penelitian terhadap batu candi tersebut tidak bisa dihitung umurnya dengan Isotop C (Carbon). Sehingga bisa ditarik Hipotesa, bahwa Candi Borobudur tidak dibuat pada abad ke-7 Masehi.

Salah, dari perbandingan gaya tulisan yang diukir di Borobudur diperkirakan bahwa Borobudur dibuat dengan oleh wangsa Syailendra yang berkuasa di Jawa Tengah sekitar 760-830 Masehi. Perkiraan bahwa Borobudur didirikan abd 9 Masehi sama sekali bukan dari carbon dating.

2. Fenomena angka 19 di Qur’an dan Borobudur. Lempengan emas bertuliskan basmalah di Borobudur.

Penulis hanya menunjukkan signifikansi angka 19 di quran (menurut beliau). Sama sekali tidak ada bahasan terhadap signifikansi angka 19 di Borobudur.

Gambar artefak terlalu kecil, penulis tidak memberikan data mengenai nama artefak di katalog museum, silahkan yang sempat bisa mengecek ke museum nasional benarkah artefak tersebut ditemukan di Borobudur.

3. Posisi Borobudur yang segaris lurus dengan candi pawon dan Mendut menjadi bukti bahwa mereka dibuat dengan jin. Ini dibuat untuk menggambarkan gerhana, Borobudur sebagai matahari.

Banyak bangunan yang dibuat segaris lurus tanpa bantuan jin. Borobudur menggambarkan mandala yang merepresentasikan alam semesta, bukan matahari saja.

mandala

mandala, sama sekali ndak mirip Borobudur yah?

4. Dalam Al Qur’an diceritakan bahwa istana saba berupa piring-piring dan patung-patung.

Banyak wihara atau kuil Buddha yang menampilkan patung Buddha duduk di atas teratai yang tampak seperti piring (sebagaimana di Borobudur). Apakah itu juga istana Saba?

5. Sleman berasal dari kata Sulaiman

Sayang sekali, pernyataan ini tidak disertai narasi sejarah lokal yang cukup. Saya sendiri masih perlu belajar mengenai toponimi.

6. Ratu Boko diambil dari nama Ratu Buko/Bilqis

Sama seperti diatas.

7. Di dalam Qur’an Surat As-Saba tanda-tanda daerahnya ada buah pahit, sementara disekitar candi borobudur ada buah: Mojo Pahit. bahkan sebuah kerajaan besar yang pernah jaya di pulau jawa dulu rela menamakan kerajaannya dengan nama Kerajaan Majapahit.

9-dalil-hutan12-maja-pahit

8. Lalu diceritakan di dalam Al-qur’an lagi: bahwa daerah Saba’ dikelilingi dua hutan, sementara itu Borobudur disana ada daerah Wanagiri dan WanaSABA, dimana dalam kamus bahasa jawa kawi; wana = hutan, saba = pertemuan.

Oke, kali ini kita berhadapan dengan ayat Quran. Namun kali ini kita berhadapan dengan tataran tafsir. Ayat Quran menyatakan tanah subur di Saba’ dan tentang buah yang pahit. Menyebut bahwa itu merujuk ke Jawa adalah tafsir, dan saya menolak tafsir ini.

Saya merasa risi dengan gaya bahasa kutipan quran tersebut, oleh karenanya saya mencoba menengok terjemahan bahasa Inggris dan bahasa Indonesianya (saya menggunakan terjemahan terbitan Saudi, terjemahan dari Depag). Rupanya bunyinya berbeda:

Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Alla) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan kiri (kepada mereka dikatakanlah): “Makanlah olehmu dari rezki yang dianugrahkan dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (negerimu) adalah negeri yang baik dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Pengampun. (34:15)

Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon atsl dan sedikit pohon sidr (34:16)

Maka terlihat disini bahwa dalam terjemahan bahasa Inggris maupun Indonesia tidak menyebut hutan melainkan kebun, monggo bagi yang memiliki kemampuan bahasa arab lebih baik bisa menjelaskan mengapa Fahmi Basya menterjemahklannya sebagai hutan. Terjemahan Depag juga memberikan keterangan bahwa pohon atsl merujuk ke pohon cemara sedangkan pohon sidr adalah bidara, berbeda dengan Maja yang merupakan keluarga jeruk.

9. Dimana seperti dalam Alqur’an Nabi Sulaiman menggunakan dua lembar kain dan kain yang luar adalah sutra seperti patung di candi yang terdapat lipatan sutra.

6-sutera

Yang anda lihat diatas hanyalah selapis pakaian, bukan dua lapis seperti yang diungkapkan Fahmi Basya. Dan siapa yang tahu kalau pembuat patung tersebut hendak menunjukkan figur yang mengenakan sutra?

10. Diceritakan lagi di Nabi Sulaiman sering beristirahat dan berlibur di pantai sebelah timur negeri Saba, sementara di sebelah timur Indonesia deket papua ada pulau Solomon, yang di ambil dari nama Nabi Sulaiman As.

Mari kita tengok wikipedia:

The islands have been inhabited for thousands of years. In 1568, the Spanish navigator Álvaro de Mendaña was the first European to visit them, naming them the Islas Salomón.

Pulau Salomo diambil dari nama Sulaiman, tapi bukan karena nabi Sulaiman sering liburan ke sana!

11. Relief-relief di candi mengambarkan cerita tentang Nabi Sulaiman diantaranya gambar burung yang mengantar surat kepada ratu Bilkis.

7-burung-surat

Sedangkan relief yang bergambar burung berkepala manusia, memberikan penjelasan bahwa burung hud-hud tersebut bisa berbicara dengan Nabi Sulaiman.

5-burung-manusia

Entah kenapa cara KH Fahmi Basya tentang relief hanya mengambil gambar seekor burung. Di mana cerita keseluruhannya? relief tersebut tidak lain adalah bentuk kuno komik yang kita kenal saat ini, tentu sana anda tidak perlu narasi panjang dan puitis, tunjukkan keseluruhan gambar maka kita semua akan bisa melihat apakah narasi yang anda berikan sah atau tidak.

Lagipula, burung hud-hud itu seperti ini:

hoopoe

Hewan bersayap dengan kepala manusia umumnya adalah gambaran mengenai Buraq, bukan hud-hud.

12. Di dalam Al-Qur’an surat As-Saba’ diceritakan negeri SABA telah di azab Allah karena penduduknya kufur dan tidak beriman, yaitu berupa dengan mengirim banjir besar yang menghancurkan negeri Saba’ menjadi berkeping-keping. Karenanya hanya Indonesia-lah satu-satunya negara di Dunia yang mempunyai 17.000 pulau lebih.

 11-dalil-banjir 13-dalil-batas-pulau

14-dalil-hancur

Dihancurkan berkeping-keping bukan berarti ia dipisahkan oleh lautan. Jika kita lihat terjemahan Quran dari depag maka kita akan dapati “… Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam hari dan siang hari dengan aman.” (Saba’:18). Saya rasa kita tidak dapat berjalan dari kota-kota Indonesia dengan hanya berjalan.

13. Indonesia adalah negeri SABA yang hilang, yang oleh Plato dan para ilmuwan barat diistilahkan benua Atlantis yang hilang.

Mari kita cek kutipan dari Plato tentang Atlantis:

For it is related in our records how once upon a time your State stayed the course of a mighty host, which, starting from a distant point in the Atlantic ocean, was insolently advancing to attack the whole of Europe, and Asia to boot. For the ocean there was at that time navigable; for in front of the mouth which you Greeks call, as you say, ‘the pillars of Heracles,’ there lay an island which was larger than Libya and Asia together; and it was possible for the travelers of that time to cross from it to the other islands, and from the islands to the whole of the continent over against them which encompasses that veritable ocean.

Bisa kita lihat, mengapa samudra Atlantik dinamai Atlantik adalah tidak lain karena Plato menyebut disitulah adanya Atlantis. Di depan “Pilar Herkules.” Pilar Herkules ini tidak lain adalah selat diantara Gibraltar (Spanyol) dan Jabal Musa (Maroko). Adakah Indonesia terletak di depan selat ini?

14. Diantara Ribuan jumlah para Nabi, hanya Nabi Sulaiman As yang mempunyai nama Jawa yang berawalan “SU”, sebagaimana Suparmin, Suharto, Sukarno, Supratman, Sulistyono dll.

Salah, keturunan Sulaiman adalah mereka yang bermarga Su dari Cina.

15. Adanya angin muson di Indonesia semakin menguatkan bukti bahwa Indonesia adalah negeri Saba’.

16-dalil-muhson22

Mari kita tengok lagi terjemahan Depag, “Dan Kami (tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula)…” (Saba:12). Sekali lagi kita lihat, terjemahan yang diberikan depag memberikan tafsiran yang amat jelas. Adalah anugrah dari Allah, perjalanan Sulaiman dengan Angin selama sepagi atau sesore sama jauhnya dengan perjalanan selama sebulan! Ini bukan membicarakan angin muson! Ciri angin pagi dan angin sore ini lebih tepat disebut sebagai angin darat dan angin laut. Buka kembali buku pelajaran anda untuk tahu angin darat dan angin laut ini.

==============

Dari 15 argumen yang dikemukakan Fahmi Basya kita bisa lihat bahwa hanya 3 yang saya belum bisa pastikan salah meski saya amat ragu atas argumen mengenai artefak dan nama Wonosobo dan Sleman. Kita juga belum bisa menguji kedalaman pengetahuan Fahmi Basya tentang Israel atau Sheba (Etiopia) yang memiliki catatan historisnya sendiri tentang hubungan Sulaiman dan ratu Saba’.

fahmi Basya

Jadi kesesatan argumen Fahmi Basya karena malas melakukan riset atau kebohongan?

Advertisements

54 thoughts on “Borobudur, Sulaiman, dan Atlantis

  1. ahahaha, udah baca bukunya mas? tebel juga lo bukunya, tapi aku puyeng ngamati matematika baloknya o.O mungkin Zainab bisa menjelaskan (kan jurusan matematika meski masih semester 3) ahahay

    Like

    • Belum baca je, ya itu kekurangan sanggahan saya saat ini. Saya cuma berharap ada klarifikasi atau setidaknya argumen mereka mencari argumen baru.

      [spoiler]Tenane nganggo itungan matematis? Ojo2 kui kamuflase, wong di jagad maya kabehe mung uthak-athik gathuk kok.[/spoiler]

      Like

      • riwayat penulisnya kan dosen matematika dengan spesialisasi seperti yang dia pakai dibukunya mas :3

        😀 jarak antara candi ratu boko (istana ratu bilqis) sama borobudur (yang jadi merupakan potongan kepala candi ratu boko) kan deket bangets, tapi jaman dulu jauh sih

        Like

      • wah,,,durung, moco kok wes wani nyalahke,,,,
        seandainya saja ada riset serupa yang bisa dijadikan acuan untuk menyalahkan argumen seseorang.,itu baru bagus,yang jadi masalah adalah argumen fahmi basya di dukung dengan riset.
        selama ini kita mengetahui cerita borobdur dari buku sejarah,,juganabi sulaiman,.buku-buku itu juga pengarangnya manusia,bisa salah dan bisa benar,,,apalagi tegnologi penelitian pada masa itu belum secanggih sekarang,sebaian besar isi dari buku sejarah itu mengacu ke cerita rakyat,,dan dongeng.
        untuk itu perlu diadakan penelitian ulang demi meluruskan sejarah bangsa kita ini.

        Like

      • Riset Fahmi Basya tidak lengkap dan samasekali tidak membahas hasil puluhan tahun riset orang lain, oleh karenanya hasil karyanya tidak memiliki kedalaman riset.

        Like

      • Walaupun cuma uthak athik gathuk, aku tetep setuju kalo dulu Raja Sulaiman hidup di daratan Indonesia :
        – Sulaiman adalah Nabi yang dianugerahi mukjizat paling spektakuler, yaitu mampu memimpin dan menguasai berbagai makhluk; dari manusia, binatang dan jin..
        faktanya :
        -di Indonesia terdapat +/- 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010.
        – Jumlah mamalia 515 jenis (12 % dari jenis mamalia dunia).
        – Jumlah reptilia 511 jenis (7,3 % dari jenis reptilia dunia).
        – Jumlah burung 1.531 jenis (17 % jenis burung dunia).
        – Jumlah amphibia 270 jenis.
        – Jumlah binatang tak bertulang 2.827 jenis.
        – Jumlah tumbuhan 38.000 jenis.
        -terdapat mitos dan penampakan berbagai varian jin di Indonesia
        -masih banyak yang nguri2 ajian sulaiman di Indonesia.. (hehe).

        Nah looh.. kenapa kumpulnya di Indonesia ya..

        Like

  2. hai semua…
    Saya tidak menolak kajian bapak Fahmi Basya dan tidak juga menolak argumen mas adit ini… tapi saya mencoba mencari tahu banyak hal yang mungkin tidak atau iya berkaitan dengan keajaibanyang bisa kita lihat jejaknya.
    coba teman teman lihat dengan google earth dasar lautan di barat benua amerika dan barat daya benua australia. di kedua tempat itu tampak sangat jelas bekas “kendaraan” lewat. sama dengan bekas ban truk lewat di tanah lapang di musim hujan. tolong dengan logika apapun yang kalian punya jelaskan.
    saya tidak berani bilang itu bekas kendaraan tentara nabi sulaiman sebab ilmu saya belum sampai dan bila ada yang mengatakan iya, saya juga tidak akan membantah.
    coba ukur lebar bekas jalan tersebut dengan skala yang ada….

    maaf kalo saya ngawur.

    Like

  3. Maaf numpang lewat..
    Sejarah memang ditulis oleh pemenang perang.
    Jadi… Hancurkan tembok pikiran anda, maka anda akan dapat melihat sebagaimana adanya.

    Like

    • Ratu dan Datu adalah kata yang berasal dari bahasa Melayu-Polinesia kuno yang berarti penguasa. Bahasa Melayu-Polinesia tidak mengenal gender oleh karenanya tidak kata Ratu tidak disandang wanita saja.

      Bahasa Indonesia (modern) menyandangkan gender pada kata Ratu karena pengaruh Indianisasi, ada kata Raja yang disandangkan pada pria. Pada bahasa Jawa kata Ratu tetap tidak memiliki gender.

      Nama Ratu Boko adalah bahasa Jawa.

      Like

  4. Kalau mahasiswi pasti cewek..tp klo mahasiswa bisa cowok bisa cewek. Ratu boko ayah roro jonggrang gak masuk akal. Masak ratu seorang bapak.???

    Like

  5. Mahasiswa bisa cowok bisa cewek.
    Raja bisa cowok bisa cewek.
    Tapiiiiiii…….
    Kalao mahasiswi pasti cewek.
    Dan ratu juga pasti cewek.
    Pada dekade abad yg hampir / sama…. yg lain dipanggil raja. Kenapa boko dipanggil ratu….jelas pasti ada bedanya…….

    Like

  6. Ya hargailah tafsir dan pemikiran seseorang… bagaimanapun kita akhirnya belajar lagi sebuah peninggalan sjarah. Yg skrg kita akui sudah smakin dilupakan oleh generasi penerus..

    Like

  7. Kenapa gak dipanggil raja boko…. padahal dalam dekade abad yg hampir bersamaan yg lainnya dipanggil raja….
    APAKAH BOKO SEORANG BANCI..??????

    Like

  8. Kenapa orang jawa manggil nyi roro kidul dgn sebutan ratu pantai selatan…. bukanya dipanggil raja pantai selatan….?????? Karo nyi roro kidul wadon bukan bapak2 hahahahahahaha……

    Like

  9. Terlalu dipaksakan pgertiannya klo ratu gak berhubungan dgn gender. Pgertian yg tidak lazim dibumi jawa.dgan pengertian yg umum sajalah klo ratu itu jelas berhubungan dgn gender. Tdk perlu ditekuk2 Sdemikian rupa, hingga dipaksakan mjd ratu adalah laki laki. Ini sangat naif sekali… // dqn perlu diingat bahwa melayu yah melayu, jawa ya jawa… INTINYA tdk perlu dipaksakan kalau ratu itu adalah laki laki……..

    Like

  10. Namanya kan juga tafsir. Kalau ente mau nunjukan tafsir ente ya silahkan. Hargailah tafsir dan pemikiran org lain. Bagaimanapun fahmi basya telah membangunkan kita semua yg semakin hari kiya lupakan borobudur candi boko. Stelah kluarnya tafsir f.basya kini bnyak org yg pengen datang kembali membuka lembaran2 lama yg telah usang dn tdk mnjadi minat lagi genetasi sekarang.

    Like

  11. Pingback: Arti Kata Ratu | ayatayatadit

  12. Ratu Boko itu Manusia Atlantis yang hermaprodit, mampu mengatur porsi androgen dan esterogen dengan algoritma fisiologisnya (hasil evolusi sapiens atlantis). Kromosomnya poligen XXY.

    Like

  13. Wong rung moco bukune ro nonton videone kok nyalah nyalahke NGILO SIK YO LE. Ojo keminter. !!!!?? p**ok

    Like

  14. maaf ada yg pernah denger lagu anoman obong ga?, di liriknya da kalimat “Ratu buta Rahwana raja gawe geger nyolong dewi sinta”
    Kenapa ga raja buta rahwana raja…dst.?

    Like

  15. Anda kurang faham rilef2 yang penuh makna yang terdapat di borobudur, anda perlu cermati dulu relif2nya jangan cuma di pandang doang, di resapi supaya mengerti, klo cuma di plototin tok gak bakal faham

    Like

  16. Klo dri sudut pandang gw sih mustahil banget kalo Nabi Sulaiman yg mindahin candi Borobudur ke Indonesia

    Like

  17. meskipun klo dia mau juga posisi bumi dituker sama matahari jga bisa-bisa aja..
    Masalahnya gw kgk percaya 😛

    Like

  18. Trus yg gw tau, di Candi Borobudur itu kan banyak patung Buddha-nya.. klo lu ngotot yg bikin Sulaiman sama aja kayak ada orang, masuk ke tempat ibadah.. Ditengah-tengahnya ada salib yg gede sama ada patung Yesusnya.. dibilang Masjid gara-gara ngadep ke Ka-Bah..

    Like

  19. ngawur aja.., buraq itu artinya ” sesuatu yang menyerupai barqun” . barqun itu flash petir. kok kepalanya orang. ini yg punya blog bego banget

    Like

  20. Pada gimana sih ini..?? Bener tuh pendapat si Fahmi basya, tinggal tunggu waktu saja pembuktiannya, Nah logika ente yang pada nggak bener, sok mendewakan logika sih..

    Coba Logikan aja soal Syahadat, “Aku bersyaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad SAW utusan Allah”, Nah khan ente bersaksi tuh,, kalimatnya “Bersaksi” bukan “Meyakini” loh,, Nah emang pernah lihat Muhammad kok bisa nyaksiin?? Kapan juga ente ketemu Allah?? di Lauh Mahfud?? Syahadat itu di dunia broo…, kalau dilauh mahfudz yang Non Muslim juga nyaksiin

    Syahadat itu meyakini dengan hati?? Gitu doang kah jawabannya, hahahaha anak kecil juga bisa tuh, jika iya “Jawaban ente begitu” logika ente yang nggak berjalan broo (pemilik blog) Syahadat itu MENYAKSIKAN bukan sekedar meyakini… Coba baca Qur’annya lagi sono,, tapi jangan dipahami perkata ya,, bisa ngafirkan orang lain nantiii…., Biar tauhidnya lebih tajem ntar

    Oh iya coba logikakan “Syahadat” tadi ane pengen tahu…..,, Bisa dilogikakan???

    Orang Islam jaman sekarang tuh hakikat syahadat aja nggak tau udah suka ngafirkan yang lain,, kaya ane ini ….. parah nggak?? makanya ketauhidan kita semuanya kudu diasah ulang nih, biar ketemu juga jawabnnya kalau borobudur buatan sulaiman. Hahaahahaaa….

    Like

  21. Sekalian ane kasih bocoran dikit ama ente yang “bodoh tapi ngerasa sok pinter”, coba tarik keturunan mulai Adam sampai Sulaiman as,, pasti ketemu jawabannya soal borobudur,, jangan bilang nggak punya ya..?? Garis Nasab nabi Adam ke Sulaiman…..
    Khan ente pinter tuh,, masak gitu aja nggak ada??

    Ada kok di Qur’an,, kalau ente bisa ngerincinya……

    Like

  22. Ratu dan Datu adalah kata yang berasal dari bahasa Melayu-Polinesia kuno yang berarti penguasa. Bahasa Melayu-Polinesia tidak mengenal gender oleh karenanya tidak kata Ratu tidak disandang wanita saja.

    Bahasa Indonesia (modern) menyandangkan gender pada kata Ratu karena pengaruh Indianisasi, ada kata Raja yang disandangkan pada pria. Pada bahasa Jawa kata Ratu tetap tidak memiliki gender.

    Nama Ratu Boko adalah bahasa Jawa

    Loe nggak paham ya kalau arti jawa itu tata krama atau Akhlak??
    makanya orang jawa itu kalau nggak beraklak biasanya dikatain oleh masyarakatnya “Gak Jowo”

    Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Aku diutus untuk menyempurnakan Akhlak”

    Coba ente tarik sebuah kesimpulan dari sana…..
    Eiiiith jangan salah narik kesimpulannya,, entar ente simpulin kalau Nabi Muhammad diutus hanya untuk orang jawa lagii…,, hahahahahaaa… bukan itu

    Baca Qur’annya lagi… biar islamnya nggak separuh-separuh, bukan karena faktor genetik orang tua….

    Like

  23. Aliensyiroh says: 16/12/2013 at 03:02
    ahahaha, udah baca bukunya mas? tebel juga lo bukunya, tapi aku puyeng ngamati matematika baloknya o.O mungkin Zainab bisa menjelaskan (kan jurusan matematika meski masih semester 3) ahahay

    Ini juga masih muda tapi goblok banget zzk
    Hahahahaa,,,

    Like

  24. Pingback: MISTERI BOROBUDUR [REVIEW] | ayatayatadit

  25. kalo saya perhatikan relief dari candi borobudur diatas, saya bisa ambil benang merahnya bahwa tak semua relief itu bisa dijadikan bukti bahwa negri saba itu ada di Indonesia karena “jawa” sendiri berdiri atas kerajaan yang berbudaya dan berakhlak.

    Like

  26. jika bingung dengan cerita di relief, coba dipikirkan cara pahat batu andesit dan mencarinya seperti apa di abad ke 8M, jika kerajaan nusantara abad 8m bisa mengolahnya, sangat mungkin kerajaan nusantara berarti sangat kuat dan bisa menguasai wilayah asia dengan mudah dibanding bangsa persia. jika bisa membuat Borobudur, kenapa kerajaan sailendra hanya jawa? dan lebih memilih membuat Borobudur ketimbang memperkuat militer, padahal bisa ada ancaman dari kerajaan lainnya. kemudian kembali ke pembuatan relief, dengan ditemukannya relief yang masih buram dan belum jadi, mungkinkah orang abad 8M secerdas itu membuat pondasi dahulu baru membuat reliefnya dan katanya dipahat, padahal itu dapat menimbulkan gambar yang buruk, jika itu yang membuat jin dengan melunakkan batu, sangat masuk akal, lihat saja larva yang membawa partikel bebatuan seperti lelehan dan jika mengeras akan menjadi batu yang kuat, nah dari pas masih meleleh tersebut dibuat reliefnya oleh para jin. Jadi masuk akal yg mana mahat batu sangat keras dengan alat pahat abad 8M dengan pondasi bangunan sudah jadi baru dipahat atau dengan melunakkan batu yang dilakukan jin(ingat dalam al-quran, Nabi Sulaiman memerintahkan jin untuk membuat bangunan-bangunan dan patung-patung, jadi klo pada g percaya apa lagi muslim berarti kalian masih ragu dengan al-quran, yg membuat pantas di Indonesia isi al-quran hanya di pahami setengah-setengah dan meninggalkan sebagian lainnya dan ini sudah diperingatkan juga oleh Allah swt di al-quran) untuk membentuk relief yang di tempel di pondasi bangunan yang sudah jadi?

    Like

  27. sejarah yg kalian baca saat ini adalah karangan rafles orang belanda mana tahu alqur,an, biasa jadi rafles juga bohong tentang borubudur,..coba batuan candi borobudur dites lagi apa benar umur batuanya sekitar thun 700 an atau 800 an, para peneliti saja sekarang masih bingung akan hal itu…hahahhah,….kemudian fakta berikutnya apakah semua nabi diturunkan di negri arab saja,…bumi aja segini luasnya…masak ALLAH cuman memperhatikan arab yg lain tidak,….hahhhhahh…jadi kesimpulanya ALQURAN dibuat sebagai fakta dari kejadian seluruh bumi bahkan alam semesta,…makanya belajar ALQUR,AN nya yg rajin biar pinter kayak om fahmi basya,….dan aku lebih percaya beliau dan ALQUR,AN dari pada buku sejarah karangan mr.raffles dari belanda

    Like

  28. KH Fahmi Basya emang ngarang, tp emang seru sih khayalannya. Risetnya ngaco klo menurut asumsi saya, udah jelas Nabi Sulaiman a.s diturunkan untuk umat Yahudi (ceritanya kebanyakan d wilayah Timur Tengah jazirah Arab, bukan Asia Tenggara, Oseania, ato Amerika), masa tiba2 ada hubungan dgn Jawa, Negeri Saba itu Yaman, skrg udh gersang krn kaumnya kembali mungkar (ada suratnya sendiri di al-Quran ttg kaum Saba [As-Saba’]) Nabi ato Rasul dr Musa a.s (dgn exodus) s/d Isa a.s diturunkan untuk umat Yahudi, baru rasul kita Muhammad saw diturunkan untuk semua umat manusia, meskipun asalnya dr Arab, itu balasan Allah swt atas kekufuran Yahudi krn hobi bunuh nabi (cth. Zakaria a.s dan Yahya a.s) dan diturunkan di bangsa Arab krn Yahudi menganggap Arab bangsa yg bodoh dan tidak pernah bersatu.

    Wallahualam..

    Like

  29. sejarah bisa jadi bohong mas,,,, apa yang di katakan plato bisa jadi salah,,,, sejarah bisa salah. Namun isi dari kitab suci alquran dijamin mutlak kebenarannya. Sejarah yang dibaca dari naskah2 kuno, naskah plato, penelitian ilmiah yang bisa saja diselewengkan, who knows? Namun ayat al quran memang selalu mengajak orang yang membaca alquran untuk selalu berpikir.
    ada baiknya gunakan selalu hipotesa
    bisa jadi benar
    bisa jadi salah
    kitab suci alquran selalu benar, karena memenuhi logika dan prinsip dasar

    Like

  30. Menarik
    ” Jadi kesesatan argumen Fahmi Basya karena malas melakukan riset atau kebohongan ? ”
    bagaimana mungkin argumen dan riset selama puluhan tahun terhitung dari tahun 1979 hingga 2012 yang dilakukan Bapak KH.Fahmi Basya dikatakan sebagai bentuk kemalasan juga kebohongan.

    terus tanpa mengurangi rasa hormat bantahan yang anda lakukan telah sudah berlangsung dalam kurun waktu berapa lama ?
    malah dengan sangat tegas menyatakan statement

    ” Saya merasa risi dengan gaya bahasa kutipan quran tersebut, oleh karenanya saya mencoba menengok terjemahan bahasa Inggris “

    Like

  31. Allah berfirman, Wahai Muhammad, apakah belum datang saatnya bagi seorang mukmin, hati mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah dan mematuhi Al-Qur’an. Orang-orang mukmin jangan mengikuti jejak kaum Yahudi dan Nasrani yang diberi Taurat dan Injil sebelumnya kemudian mereka merubah isinya. Kaum Yahudi dan Nasrani telah melalui masa yang panjang mereka banyak berbuat dosa sehingga hati mereka manjadi keras. Sebagian besar dari umat Yahudi dan Nasrani menjadi orang yang menyimpang dari Taurat dan Injil (QS Hadiid [57]16) – See more at: http://www.arrahmah.com/kontribusi/jangan-meniru-atau-mengikuti-orang-orang-kafir.html#sthash.9rczyfGy.dpuf

    Like

  32. Allah Ta’ala berfirman:

    وَإِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُنَا بَيِّنَاتٍ قَالُوا مَا هَٰذَا إِلَّا رَجُلٌ يُرِيدُ أَن يَصُدَّكُمْ عَمَّا كَانَ يَعْبُدُ آبَاؤُكُمْ وَقَالُوا مَا هَٰذَا إِلَّا إِفْكٌ مُّفْتَرًى ۚ وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِلْحَقِّ لَمَّا جَاءَهُمْ إِنْ هَٰذَا إِلَّا سِحْرٌ مُّبِينٌ * وَمَا آتَيْنَاهُم مِّن كُتُبٍ يَدْرُسُونَهَا ۖ وَمَا أَرْسَلْنَا إِلَيْهِمْ قَبْلَكَ مِن نَّذِيرٍ * وَكَذَّبَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ وَمَا بَلَغُوا مِعْشَارَ مَا آتَيْنَاهُمْ فَكَذَّبُوا رُسُلِي ۖ فَكَيْفَ كَانَ نَكِيرِ

    “Ketika ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah jelas kebenarannya dibacakan kepada orang-orang musyrik, mereka berkata kepada sesama mereka: “Laki-laki yang membacakan Al-Qur’an ini hanyalah ingin membelokkan kita dari tradisi menyembah tuhan-tuhan selain Allah yang dilakukan oleh nenek moyang kita.” Orang-orang musyrik berkata: “Al-Qur’an yang dibawa laki-laki ini hanyalah kebohongan yang dibuat-buat.” Orang-orang kafir berkata tentang Al-Qur’an yang datang kepada mereka: “Sungguh Al-Qur’an ini benar-benar hanyalah sihir.” Kami tidak pernah menurunkan kitab suci kepada bangsa Arab sebelum Al-Qur’an ini, sehingga mereka dapat mempelajari isinya. Wahai Muhammad, sebelum kamu, Kami tidak pernah mengirim rasul kepada bangsa Arab untuk menyampaikan ancaman Tuhanmu. Umat-umat bukan bangsa Arab dahulu Kami binasakan karena mereka telah mendustakan rasul-rasul-Ku. Padahal kekayaan dan kekuatan kaummu tidak mencapai sepuluh persen dari kekayaan dan kekuatan yang Kami berikan kepada mereka dahulu. Mengapa manusia tidak mau memperhatikan adzab-Ku kepada orang-orang yang mendustakan rasul-rasul-Ku?” (QS. Saba’, 34: 43-45)
    – See more at: http://www.arrahmah.com/kajian-islam/sikap-jelek-kebencian-orang-orang-kafir-al-quran-rasulullah-shallallahu-alaihi-wasallam.html#sthash.fyW56Bu1.dpuf

    Like

  33. penulis blog ini juga gak masuk akal,belum baca sudah bisa nyalahin,,belum menelliti sudah bisa ngambil keputusan,paling bisanya cuma copas sana sini…lebih gak masuk akal.

    Like

  34. Batuan di borobudur sudah ada ratusan atau ribuan tahun sebelum dipahat, jadi gak bisa ditentukan umur candi borobudur dengan tes radiocarbon bung …

    Like

  35. Pingback: Kisah Nabi Yunus dan Relief Borobudur | ayatayatadit

  36. kalau bisa saling melengkapi coba kita pelajari Hindu dan Budha, bukankah tiap kaum ada nabinya?
    https://religiku.wordpress.com/tag/avatar/
    Kalau saya boleh berasumsi kisah ini adalah identik, manakala umat manusia diperintahkan untuk meninggalkan berhala, dan kemaksiatan maka Borobudur tertimbun oleh letusan gunung berapi. Semua sejarah yg benar pasti ada keterkaitannya.
    Berdirinya kembali kerajaan Islam di Nusantara itu merupakan karunia Alloh, Dan Al Qur’an itu petunjuk dari orang2 terdahulu,
    Singkatnya umat manusia banyak durhaka, azab pasti turun. Bisa gunung meletus banjir, Tsunami, dll. Semoga Indonesia aman dan makmur !! Amiin !

    Like

  37. Ya biarin aj ini hanya pendapat si blogger aja..kecuali dia membantahnya dengan riset pula seperti KH.Fahmi Basya.

    Like

  38. Soal Benua Atlantis yang disebut plato masih debatable. Sebaiknya Agan lihat buku-buku peneliti dalam dan luar negeri yang menyebut indonesia atlantis yang hilang…
    Diantaranya: http://m.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/04/29/nnkg1f-benua-atlantis-diklaim-ada-di-laut-jawa

    Peneliti asal Brazil, Prof. Arysio Nunes do Santos, dari hasil penelitiannya menyatakan Atlantis terletak di Indonesia. Kemudian, ilmuwan Stephen Oppenheimer dalam bukunya “Eden in The East” menyebut Atlantis berada di Asia Tenggara.

    Like

  39. Sebelum Maut Menjemput Kita, dan Sebelum Penyesalan Datang. Sesama manusia mari saling mengingatkan…!

    Buat Para pemeluk agama Samawi (kristen,nasrani), perlu anda-anda ketahui, kedatangan muhammad sebagai utusan terakhir sangat jelas disebutkan tidak hanya di kitab terdahulu, taurat zabur dan injil, namun Dalam kitab AGAMA HINDU…..
    Simak urainnya:
    https://religiku.wordpress.com/tag/avatar/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s