Republik dan Khilafah

Buku kecil ini memandang kedua-dua bentuk pemerintahan itu adalah alternatif belaka meskipun kecenderungan Islam tentunya kepada bentuk Republik.

Memilih bentuk pemerintahan termasuk urusan keduniaan. Yang utama bagi Islam adalah kemampuan pemerintah itu menjalankan hukum Allah, yang di dalamnya termasuk menegakkan keadilan di antara manusia.

Kutipan tadi adalah kata-kata pemanis sampul belakang buku berjudul “Republik atau Monarki” karangan HJ. O.K. Rahmat yang diterbitkan di Singapura 14 tahun lalu.

Kini kita hidup di abad 21, kemerdekaan negeri-negeri muslim hanya berjarak enam dekade lalu. Pan Islamisme dan konferensi pendirian khalifah baru adalah cerita di awal abad lalu. Gairah reformasi hukum salafi ala wahabi adalah sejarah dua abad lalu. Selama abad duapuluh umat sibuk menetukan nasibnya seperti apa pertubuhan daulahnya dijalankan sementara ulama memberikan hujah. Namun kini kita disekitar kita terdengar nyanyian anti-demokrasi, syariah sebagai juru selamat, dan khalifah sebagai satu-satunya pemerintahan yang halal.

Ah, kawan. Jangan kalian tertipu bisingnya lingkungan kalian! Mereka yang berteriak itu bukanlah pemilik kebenaran, tapi kalianlah yang wajib bersungguh-sungguh mencari kebenaran itu. Itulah makna ijtihad. Maka jika kalian menemui dunia seperti ini dan saudaramu yang menolaknya, janganlah kamu malas menengok ke belakang! Lihatlah bagaimana mereka para cendekia berdiskursus untuk menjawab “seperti apa umat akan dipimpin?”

================

Memiliki semangat menyala-nyala seperti ustadz pujaan anda itu boleh, jangan lupa untuk tidak hanya menggunakan retorika tanpa memahami substansi apa yang anda anggap salah.

================

Baru tahu kalau O Solihin ndak akur dengan qiyadah HTI. Hmm, dulu jamannya massi 4L@y demen banget baca tulisannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s