Wajah Modernitas

Apa itu modernitas? Mungkin anda akan menemui jawaban seperti ini: “Ya pokoknya modern, jalan-jalan pake pesawat terbang, ngetik pake komputer, nggak kayak jaman nggak enak dulu.” Para pemuda yang sedang jatuh cinta akan berkata “Hari gini dijodohin? Udah jaman modern bukan jamannya Siti Nurbaya!” Waktu saya tanya ke teman ini jawabnya “Ya pokoknya yang baru-baru abad ini dan berbau teknologi.”

Yah, sayah memang tidak pantas untuk mengajukan definisi apa itu modernitas, meski katanya mbah wiki Rosseau mengawali pemikiran bahwa manusia itu layaknya tanah liat yang dapat dibentuk. Ada jugak yang menyebut sifat modernisme adalah pada keterbukaan akan perubahan dan pandangan akan masa depan.

Itu jika melihat dari sudut pandang global/masyarakatnya. Masyarakat modern adalah masyarakat yang terbuka dan sadar akan perubahan adalah ciri modernitas, maka masyarakat tidak menentukan apa peran, tugas, dan cara hidup individu. Dengan kata lain dari sisi individual ini berarti adalah kebebasan untuk menetukan nasib masing-masing.

american_dream

Screw you! I’m having a life!

Apa arti kebebasan ini? Kebebasan ini bermakna bahwa masyarakat tidak berhak mendikte individu untuk menentukan siapa individu tersebut. Masyarakat bukanlah yang menentukan pakaian apa yang dipakai oleh individu, pekerjaan yang menafkahi hidup seseorang, jodoh, ataupun tempat anda tinggal. Sisi terbaiknya adalah andapun dapat menjadi penguasa negeri ini meski keluarga anda bukan siapa-siapa.

Kebebasan dalam menentukan nasib inilah yang kemudian melahirkan berbagai macam makhluk-makhluk beraneka rupa seperti ini:

barbie

Boobs Before Brain

“Being human is too mainstream. Plastic is a dream. I don’t even want to think anymore.

cis

“You called me missus? You want to be dead? Filthy cis scum.”

Itulah, adalah tidak modern jika masyarakat merepresi impian individu. Bahkan masyarakat tidak dapat memaksa individu atau kelompok untuk menolak kemajuan/teknologi, hal itu sangat tidak modern!

baduy_people

Urang mah mun di jalan kudu ngangge suku.

Masyarakat tidak berhak merepresi individu atau kelompok dalam berusaha mencapai cita-citanya, oleh karena itu jika ada sekelompok orang yang ingin merepresi individu lainnya itu adalah hak mereka untuk menginginkannya.

Sejumlah massa dari Front Pembela Islam (FPI) melakukan aksi di depan Gedung Mahkaman Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (27/1). westboro

Yup, itu adalah bagian dari kebebasan untuk mencapai cita-cita dan kebahagiaan. Anda tidak boleh merepresi hak mereka mengekspresikan kebencian mereka. (melakukan tindak kekerasan pada orang lain adalah perkara lain).

Itulah modernitas, anda dapat menolak apapun yang anda miliki. Bahkan realitaspun tidak mutlak, realitas hanyalah keadaan awal yang harus anda hadapi.

Advertisements

One thought on “Wajah Modernitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s