Menengok Khilafah ala Hizbut Tahrir

Judul yang emosional. Itulah kesan yang saya dapati ketika menemukan buku “Membongkar Proyek Khilafah ala Hizbut Tahrir Indonesia” di obralan buku Gramedia tiga tahun lalu. Ilmu adalah ilmu dan karena sedang obralan saya relakan uang saya melayang untuk membeli buku ini.

cover-membongkar-proyek-khilafah-ala-ht-di-indonesia

Namun karena kesan “berpihak” buku ini sayapun malas membaca dan menyelami buku ini, sampai akhirnya pada maret ini saya membuka lagi buku ini. Kata pengantar dari Noorhaidi menyebutkan bahwa buku ini ditulis dengan cukup netral, berkaca dari karya Noorhaidi tentang Laskar Jihad maka saya cukup percaya bahwa buku ini ditulis tidak simplistik dan menyudutkan Hizbut Tahrir.

Namun buku ini diterbitkan oleh LKiS, penerbit yang secara kultural adalah bagian dari NU dan sering bersebrangan dengan gerakan-gerakan Islamis modern. Kiranya kita cukup paham dari mana judul emosional ini berasal, sebab judul asli disertasinya berjudul Khilafah Perspektif Hizb Al-Tahrir.

Jika anda ingin mengetahui tawaran Hizbut Tahrir tentang “negara Islam yang sesungguhnya” namun tidak ingin terseret dalam retorika pamflet Hizbut Tahrir ataupun melahap karya-karaya Taqiyuddin al-Nabhani maka anda dapat menggunakan buku ini. Dari dua puluh bagan dalam buku ini empat belas diantaranya adalah mengenai struktur pemerintahan Khalifah yang ditawarkan oleh Hizbut Tahrir. Penjelasan sedemikian detil mengenai struktur negara ini bertentangan dengan fakta historis bahwa bentuk negara sejak zaman nabi (jika dapat dikatakan sebagai negara) hingga era Utsmani berubah-ubah sesuai kebutuhan dan kemampuan umat.

Meski di bab mengenai landasan ideologis penulis menunjukkan bahwa ada pendapat lain dari ulama mengenai khilafah namun dalam penutupnya penulis tidak menghakimi bahwa landasan ideologis pendirian khilafah adalah salah. Ia menekankan bahwa khilafah yang diajukan oleh Hizbut Tahrir akan condong pada pemerintahan otokrasi yang bertentangan dengan kebhinekaan Indonesia.

==================

Buku ini (menurut saya) tidaklah menyudutkan ideologi HT sebagai ideologi sampah, memang penulis mengungkapkan adanya kelemahan ideologi HT dan ketidaksepahamannya dengan HT. Kecenderungan HT untuk menentang demokrasi dan kebebasan bukanlah sesuatu yang disembunyikan. Reaksi yang menyebut ini adalah disertasi gagal hanyalah menyentuh kulitnya saja.

Advertisements

3 thoughts on “Menengok Khilafah ala Hizbut Tahrir

  1. Pingback: Glory for Loser | ayatayatadit

  2. IDEOLOGI NEGARA
    KHILAFAH ISLAM AD DAULATUL ISLAMIYAH MELAYU

    SATU AQIDAH

    Saya Bersaksi tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah Utusan Allah

    Katakanlah “Hai manusia! Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan selain Dia; yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-Nya, nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada Alquran dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat bimbingan hidayah. QS. Al A’raf :158

    SATU PENYEMBAHAN

    Dan aku tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan supaya mereka meyembah-Ku QS Adz-Dzariyat:56

    SATU PERILAKU AHLAQ

    Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah SAW suri teladan yang baik bagi kalian untuk diikuti dalam hal berperang baik kesabaran dan keteguhannya. Bagi orang yang mengharap rahmat Allah yakni takut kepada-Nya dan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.QS Al Ahzab:21

    Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya mengucapkan doa selamat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman! ucapkanlah doa selamat untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada beliau. QS Al ahzab:56

    SATU IKATAN SEJARAH

    kami seorang muslim tidak terikat oleh tanah air, warna kulit melainkan sejarah islam yang menjadi ikatan dan kebanggaan kami.

    Kami tidak mengutus kamu Muhammad, melainkan untuk semua
    manusia sebagai pembawa berita gembira kepada orang-orang yang beriman, bahwa mereka akan masuk surga dan sebagai pemberi peringatan kepada orang-orang kafir bahwa mereka akan dimasukkan ke dalam neraka tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui hal ini. Saba :28

    SATU JALAN PENGABDIAN

    Bimbinglah kami ke jalan yang lurus sebagaimana jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka melalui petunjuk dan hidayah-Mu. dan Bukan jalan orang-orang Yahudi(orang yang dimurkai)Dan bukan pula jalan orang-orang Kristen(orang sesat).

    SATU UNDANG-UNDANG ALQURAN DAN AS SUNNAH

    Katakanlah, “Sesungguhnya salatku, ibadahku , kehidupanku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah ketauhidan yang diperintahkan kepadaku, dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri kepada Allah.

    Berpegang teguhlah kamu dengan Ikatan tali Allah dan janganlah kamu berpecah-belah serta Kenanglah karunia Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuh-musuhan, Lalu Allah damaikan hatimu dengan nikmat Allah kamu bersaudara kembali
    Dan ingatlah Kembali ketika kamu telah berada dipinggir jurang neraka lalu Allah selamatkan kamu daripadanya Demikianlah caranya Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya kepadamu , Semoga kamu beroleh petunjuk. QS. Ali Imran:103

    Dipublikasikan
    PASUKAN KOMANDO PANJI HITAM
    MARKAS BESAR ANGKATAN PERANG BERANI MATI
    KHILAFAH ISLAM AD DAULATUL ISLAMIYAH MELAYU

    email : angsahitam@inbox.com

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s