Krokot/Portulaca

And now for something completely different: eat the weed!

Krokot (Portulaca sp) adalah tanaman yang biasa ditemui sebagai gulma dan pakan jangkrik. Adapula krokot komersial yang ditanam untuk dimakan, namun kini jarang diketahui bahwa krokot liarpun dapat dimakan.

krokot yang ditanam sebagai sayuran

krokot yang ditanam sebagai sayuran

Meski anda tinggal di perkotaan anda masih dapat menemui tanaman ini sebagai gulma yang tumbuh di sela-sela aspal ataupun konblok jalanan. Ia adalah tanaman yang tahan banting, oleh karenanya ia akan tetap hidup meski di lingkungan yang miskin hara. Tentunya ia tidak akan tumbuh maksimal (hingga setinggi 50 cm), mungkin anda akan menemuinya tumbuh merana tidak lebih dari sekepalan tangan.

Krokot liar yang tumbuh di trotoar seringkali tidak lebih dari telapak tangan.

Krokot liar yang tumbuh di trotoar seringkali tidak lebih dari telapak tangan.

Saya hanya sempat mencicipi krokot sekali seumur hidup saya, jika tidak salah waktu itu saya masih SD. Di rumah keluarga saya yang beberapa tahun tidak terpakai, halaman depannya ditumbuhi gulma. Meski sudah ditutup konblok, di sela-sela konblok tumbuh subur krokot hingga sebetis. Batangnya yang merah keunguan menyala, anugrah dari hujan kota Bogor. Gulma itu segera dipanen oleh Bude saya dan setelah direbus disajikan menjadi pecel.

Rasa krokot yang menyegarkan itu terkenang terus. Kini jika berjalan kaki di siang hari dan menemui batang krokot yang merah menyala, seberapapun merana atau kerdil tanamannya, saya selalu teringat rasa krokot yang menyegarkan itu.

krokot liar

krokot liar

Meskipun ia adalah gulma namun ia memiliki kegunaan terhadap tanah, ia dapat menstabilkan kelembaban tanah karena menutupi tanah dari sinar matahari. Akarnya dapat menembur lapisan tanah yang keras dan membantu menggemburkan tanah. Jagung yang ditanam bersama krokot di tanah keras akarnya akan tumbuh mengikuti akar krokot yang telah membuka tanahnya.

Selagi menulis ini saya bertanya ke mahasiswa Farmasi tentang tanaman ini, namun ternyata ia tidak mengenalnya oleh karenanya saya tidak memasukkan mengenai khasiat tanaman ini. Meskipun begitu kandungan mineral dan vitamin di dalamnya tidak dapat anda abaikan. Untuk penutup, silahkan tengok eattheweeds.com.

Toodles.

Advertisements

One thought on “Krokot/Portulaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s