Memilih Merk

Selamat malam rekan-rekan.

Judulnya ‘memilih merk’, nah sayah mau curhat ke rekan-rekan semua soal barang yang saya beli beberapa waktu lalu. Ternyata merk dapat mencerminkan mutu dan banyak hal lainnya.

you know where this going...

you know where this going…

Eiger Indonesia adalah produsen produk aktivitas outdoor  yang berasal dari Bandung, ia menyediakan beragam produk seperti tas, sepatu, sepatu sandal, pakaian, dan berbagai perlengkapan lainnya. Produk-produk seperti tas, pakaian, dan sepatu sandal diproduksi sendiri sementara sepatu, kompas, cookset, dll diimpor dari Tiongkok dan dilabeli “Eiger.” Sebagai pemilik merk high-end, baru-baru ini Eiger meluncurkan logo barunya (sayah pakai yang lama kerna saya mau bahas produk lamanya).

Di lain pihak, REI adalah pembajak merk luar Recreation Equipment Inc yang naik kelas, mulai menggunakan logo sendiri (meski masih menggunakan kata “REI”) dan mengeluarkan produk hasil desain sendiri. Ia juga mengikuti strategi Eiger dan membuka outlet-outlet khusus produknya. Seperti Eiger, produk-produknya didesain dengan apik dan menggunakan bahan yang bagus. Namun produk-produknya dibandrol jauh lebih murah dibanding Eiger.

Nah untuk membandingkan kedua merk tersebut mari kita tengok dua contoh di bawah ini.

Exhibit A:

eiger

Bisa anda lihat, sebuah sepatu sandal/sandal gunung merk Eiger yang putus tali sebelah kanannya. Ia dibeli akhir 2010 dan putus januari 2014, telah digunakan berjalan kaki lebih dari 600 km (jarak rumah-kampus 1,7 km, dengan asumsi saya menggunakannya setengah hari dari setahun).

Exhibit B:

REI1

Sepatu sendal/sandal gunung merk Rei, dibeli Februari 2014, patah dan hampir putus. Belum sampai 100 km. Untuk lebih jelasnya lihat gambar selanjutnya:

REI2

Untuk kualitas seperti ini lebih baik anda menggunakan sepatu sendal generik, harganya 75% dari harga REI meski kualitasnya sama. Jika anda lebih banyak menggunakan kendaraan bermotor daripada jalan kaki atau bersepeda, sandal ini akan lebih awet (you don’t say?).

Advertisements

2 thoughts on “Memilih Merk

  1. mas mau tanya dong, kalo sepatu tracking gitu.
    kualitas rei bagus gak sih?
    bingung milih antara merk rei sama boogie.
    ada review gak ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s