Today’s Rambo

Rambo? Siapa Rambo?

 

Bukan Rambo

Bukan Rambo

Rambo dikenal sebagai pahlawan Amerika, produk dari perang Vietnam. Petualangannya dimulai dari ketika ia menghabisi polisi-polisi korup, kemudian ke Afghanistan dan bahkan Asia Tenggara. Bahkan ada video games yang didedikasikan untuk memberi kesempatan menikmati ‘pengalaman’ Rambo.

Tapi itu adalah Rambo hasil konstruksi Hollywood. David Morrel (pengarang First Blood) menyajikan Rambo sebagai seorang yang mengalami PTSD (post traumatic stress disorder) yang disingkirkan oleh masyarakat (melalui Polisi). Ia memerlukan bantuan, tapi ia hanya menerima penolakan dan kekerasan dari masyarakat yang telah ia tunaikan tugasnya (wajib militer). Ia menyajikan Rambo sebagai korban.

Namun banyak diantara kita yang membenci polisi. Inilah sebab mengapa Rambo yang ‘melawan’ polisi korup menjadi pahlawan bagi mereka yang membenci polisi.

fugg da bolis

fugg da bolis

Amerika Utara memiliki hubungan tidak wajar dengan senjata api. Bukan sekedar kepemilikan yang tinggi, karena Swiss kepemilikan senjata apinya lebih tinggi. Bahkan mereka yang telah menyelesaikan wajib militer biasa membawa pulang bedilnya. Senjata api di Amerika utara (terutama Amerika Serikat) menjadi jalan untuk mengakhiri hidup dan mengambil nyawa orang lain dalam prosesnya. Terkadang mereka melakukan penembakan massal dengan mentarget polisi, oleh karenanya kita mendapati rambo-rambo baru.

Christopher Dorner, the Chocolate Rambo.

Chris Dorner

Justin Bourque, Maple Syrup Rambo.

justin-borque-canada-shooting

Akan adakah rambo-rambo lainnya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s