Mengapa Israel Menyerang Gaza?

Okay pirsawan ayatayatadit. Sekarang jagad maya sedang ramai dengan aksi Israel menyerang Gaza. Mengapa hal ini terjadi? Tentu saja jawaban termudah adalah “Itu semua karena Israel adalah bangsa terlaknat yang ingin menghancurkan kaum muslim.” Mungkin diantara kita berpendapat bahwa bagi mereka membantai muslim adalah olahraga akhir pekan jika bukan kewajiban agama.

case in point.

case in point.

Tapi sebelum foto “great balls of fire” beredar adakah anda memperhatikan situasi yang terjadi di Palestina?

Biar gampangnyah saya buatkan kroniknya:

12 Juni
Eyal Yifrach (19), Naftali Fraenkel (16), dan Gil-Ad Shaer (16) diculik dari Gush Etzion,Tepi Barat.
Polisi Palestina menemukan Hyundai i35 yang terbakar. Terdapat bekas-bekas darah di sisa mobil yang terbakar, namun pemerintah Israel menyatakan ketiga remaja tersebut diculik, bukan dibunuh.

hyundai

14-15 Juni
IDF menangkap 80 tokoh HAMAS, Netanyahu menyatakan HAMAS bersalah meski tanpa menyebutkan bukti.

16 Juni
IDF menghadapi perlawanan dari penduduk Jenin, 150 orang ditangkap dan Ahmad Arafat Samada terbunuh. Penangkapan ini tidak tampak terkait penculikan tetapi lebih merupakan tekanan pada HAMAS.

17 Juni
Otoritas Tepi Barat Israel menggeledah semua lembaga terkait HAMAS di Hebron.

18 Juni
Israel menangkap 64 orang, 51 diantaranya adalah mereka yang dilepaskan dari pembebasan Gilad Shalit. Israel menyebutkan bahwa mereka telah menemukan kelompok HAMAS yang melakukan penculikan.

19 Juni
Israel menggeledah Universitas Bir Zeit, mencari bukti keterkaitan dan aktivitas HAMAS. 49 orang Palestina ditangkap.

20 Juni
Kerusuhan mulai terjadi, 3 terluka di Qalandiya sementara di Dehisyah 5 terluka dan Mustafa Hosni Aslan tertembak di kepala. Mohammed Dudeen(15) tewas dalam penggeledahan di Dura. 25 orang lagi tertangkap.
Riyad al-Malki meminta bukti keterlibatan HAMAS.

21 Juni
Operasi dilanjutkan di utara Hebron, Ali Abed Jabir meninggal karena serangan jantung dan tidak mendapat perawatan. 39 orang ditangkap, IDF menyatakan menangkap 10 orang anggota HAMAS. Netanyahu kembali menyatakan HAMAS bertanggung jawab.

22 Juni
Israel menembak mati 2 orang Palestina dan melukai 11 lainnya di Nablus dan Ramallah sementara 38 orang ditangkap.

23 Juni
80 institusi Palestina digeledah, 37 orang lagi ditangkap.

24 Juni
120 lokasi digeledah, 13 orang ditangkap. IDF mengakui mereka yang ditangkap tidak ada hubungannya dengan penculikan.

25 Juni
17 orang lagi ditangkap, Younis al-Rjoub (18) ditembak di perutnya.

26 Juni
Badan Keamanan Israel mengumumkan 2 orang tersangka yang telah menghilang dari rumahnya setelah penculikan. Netanyahu menyalahkan HAMAS namun dibantah.

30 Juni
Mayat ketiga remaja korban penculikan ditemukan di lahan milik keluarga tersangka.

2 Juli
Mohammed Abu Khdeir diculik dan dibakar hidup-hidup oleh ekstrimis Israel.

mohammed-abu-khdeir-486949

4-6 Juli
Pemakaman 3 remaja Israel, HAMAS, PFLP, Jihad Islami, dan faksi-faksi lainnya menembakkan roket sebagai balasan atas penggeledahan. Mesir mendesak gencatan senjata. HAMAS menyatakan akan melakukan gencatan senjata bila Israel menghentikan serangannya. Namun HAMAS tidak mengeluarkan pengumuman gencatan senjata dan Israel kembali menyerang Gaza.

Tidak seperti penculikan Gilad Shalit, ketiga remaja ini langsung dibunuh dalam hari penculikan, menunjukkan kemungkinan ketiadaan komunikasi dengan pimpinan HAMAS. Bahkan perjanjian unifikasi HAMAS dan Fatah jelas-jelas melarang penculikan semacam ini.

Okay, kita lihat bahwa kedua belah pihak memiliki salahnya masing-masing. HAMAS telah menerbitkan manual untuk operasi penculikan yang tentu saja adalah sumber bacaan para penculik. Di lain pihak Israel menggunakan penculikan ini sebagai alasan untuk menekan populasi Palestina. Ketika banyak pihak menuduh HAMAS berlindung di balik rakyat sipil, maka Israel sendiri menggunakan 3 remaja ini sebagai alasan untuk melakukan operasi yang mereka inginkan sejak lama.

Penculikan yang dilakukan terhadap 3 remaja Israel ini salah. Namun balasan yang dilakukan Israel adalah berlebihan. Okay, sebagai penutup bisakah kita sepakat menyebut Natanyahu penebar kebencian?

Advertisements

3 thoughts on “Mengapa Israel Menyerang Gaza?

  1. Amerika dimana kuasa PBB untik perdamaian dunia. Coming losing, lihat yang Sudan kalian perbuat until Nevada Islam sebelumnya. Iran ….. Saddam Hussein….. kadafi….. sedang Israel yang be nar melakukan pelanggaran HAM… kecaman kalian coming losing doang

    Like

  2. Ya betul, tp mana FPI kita nich, malu kt dblang jago kandang, ISIS luar negeri jg kaya banci gak mau bantu, …. kasian warga palestina
    Jangan2 FPI dikuasai amerika yah gak mau bantu …… malu malu in ….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s