MH370 dan Klaim Kapolri

Masih ingat soal MH370 dan Diego Garcia? Nah, rupa-rupanya kali ini ada drama konyol yang kemungkinan besar bakal terlewat oleh anda2 semua. Dan ini melibatkan Kapolri kita yang tercinta.

jenderal-sutarman

Jadi ceritanya sayah sedang berkelana di dunia maya, entah bagaimana ceritanya saya sampai ke Daily Mail. (I know that’s horrible clickbait newssite) Saya mendapatkan kabar mengejutkan bahwa Kapolri mengaku bahwa dirinya mengetahui penyebab jatuhnya pesawat MH370 yang katanya misterius sedangkan Polis Malaysia kaget mendengarnya.

Sontak saja sayah kaget dan mencari-cari berita dari dalam negeri soal hal ini. Ternyata sudah ada beritanya sejak sekitar dua-tiga hari yang lalu. Dikutip Tempo beliau berujar, “Saya sudah memberi satu informasi yang cukup berharga untuk Malaysia. Hanya saya dan kepala kepolisian Malaysia yang tahu persis,” Sementara Kompas masih malu-malu dan dalam artikelnya mereka menyebut “Kapolri Klaim Tahu Apa yang Terjadi…

bull

Pernyataan sang Jendral ini terdengar seperti bualan dan terasa tidak bijak. Kepolisian negara tetangga saat ini masih belum mengumumkannya tentu tidak etis bila ia menyebutkan bahwa dirinya mengetahui namun merahasiakannya, sementara ‘pihak yang berwenang’ masih belum memiliki sikap resmi. Bahkan jika memang ada diskusi antara beliau dengan Kepala Polis sebelah, jika mereka belum mengumumkan apa-apa tentu tidak patut ia berbicara seperti itu.

Benar saja, pada hari ini sudah ada kabar dari tetangga bahwa mereka tidak tahu apa-apa soal klaim Jendral Sutarman. Dikutip dari Bernama, Kepala Polis Diraja Malaysia menyatakan ”Saya tidak diberitahu (Jenderal Sutarman) untuk setiap laporan tersebut.”

Nah kan, kalau begini jadi repot. Dua pihak saling bantah. Mungkinkah pejabat kita memerlukan pelatihan dari humas agar bisa memilih kata-kata?

Foot_in_mouth

=============

Omong-omong, sudah ada yang menerbitkan buku tentang penyebab jatuhnya MH370. Namun dari artikel itu bisa dibaca bahwa isi bukunya adalah sepenuhnya spekulasi. Nah, situ mau terima bualan yang satu ini ndak?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s