Apa Kabar Afghanistan?

Apa kabar Afghanistan? Sudah hampir 13 tahun sejak Amerika menyerang Afghanistan demi menangkap Usamah bin Ladin & menumpas Al-Qaidah. Kini Usamah sudah menjemput cita-citanya, bahkan yang kabar Al-Qaidah sudah kehilangan relevansinya dalam jihad global.  Untuk apa Amerika dan sekutunya di Afghanistan?

"Why am I here?" ask sargeant Rodriguez.

“Why am I here?” ask sargeant Rodriguez.

Setelah Obama berhasil meng-off-kan Usamah, tim pemikirnya di demokrat maupun di kampus memikirkan strategi keluar.  Pada tahun 2012 foreignpolicy.com banyak mengeluarkan artikel yang menganjurkan Amerika segera meninggalkan Afghanistan. Artikel senada dapat ditemui di media lain yang cukup akrab dengan garis politik demokrat dan liberal. “Lupakan soal hak-hak wanita atau pembangunan kebangsaan!” ujar mereka. Berkebalikan dengan apa yang mereka sampaikan pada 2010.

Sepanjang 2011 dan 2012 muncul berbagai gosip bahwa ada usaha perundingan dengan Taliban. Salah satu yang mengusahakannya adalah oposisi Afghanistan, Hizb Islamy Afghanistan (HIA),  melakukan negosiasi dengan Taliban. Namun gosip hanya gosip, orang yang hadir dalam pertemuan tersebut belum diketahui sudah direstui oleh Mullah Omar atau belum. HIA sendiri masih dihubungkan dengan Gulbudin Hekmatyar, mantan pemimpin Hizb Islamy. Kini ia lebih dikenal sebagai panglima perang yang dibenci banyak orang Afghan karena kekejamannya dan secara independen memimpin Hizb Islamy-Gulbudin yang memerangi pasukan NATO. Hingga kini pimpinan HIA masih berusaha mengkonsolidasikan posisi internal mereka, “demi masa depan.

Am I winning

Am I winning

Bahkan pemerintah AS sendiri melakukan perundingan dengan Taliban demi melepaskan prajuritnya yang disandera. Karzai menyatakan bahwa diskusi-diskusi semacam tidaklah berpengaruh dengan pemerintahannya, ia akan tetap menumpas Taliban jika mereka tidak datang padanya untuk berunding. Namun dari keadaan ini kita justru bisa melihat hal lain. Sebetulnya Karzai secara politik tidaklah menguasai negerinya. Para Gubernur merupakan warlord yang menguasai daerah masing-masing dan hanya memberi kesetiaan sekadarnya. Sementara itu Mullah Omar tetap bersembunyi dan pasukannya menerima dukungan dari berbagai suku yg mereka kuasai. Ada yang menyebut Karzai hanyalah “walikota Kabul.” Bagaimanapun ia mengusahakan untuk menjinakkan taliban melalui perundingan.

Perundingan ini diperlukan sebab setelah tidak ada lagi Usamah, tidak ada lagi alasan bagi Obama untuk menghabiskan kas negara untuk membiayai pemerintah Afghanistan. Sejak 2013 lalu Karzai sudah harus menerima jika pasukan NATO akan segera pergi meninggalkan Afghanistan dan sejak tahun ini pasukan Afghanistan sudah harus memimpin sendiri operasi dan pengamanan Afghanistan dari ancaman Taliban.

vice_afghan

Namun bagaimana kini pasukan Afghanistan memimpin pengamanan negerinya? Berita maksiat (vice news), corong kepentingan barat yang dikamuflasekan sebagai berita gaul & hipster, mendapatkan akses untuk menjadi jurnalis embedded dengan Tentara Nasional Afghan (Afghan National Army) dan Polisi Nasional Afghanistan. Untuk menunjukkan betapa Afghanistan sudah aman mereka menempatkan reporter wanita ke Kandahar, kota yang menjadi ibukota pemerintahan Taliban. Jantung etnis Pashtun, pendukung utama Taliban. Kini Kandahar sudah dikuasai Jendral Polisi yang cakap & termotivasi, itu pesannya.

Sementara itu Ben Andersen embedded dengan unit lain di Sangin. Ia menyaksikan bagaimana komandan markas polisi adalah pedofil yang menculik dan memperkosa bocah-bocah lelaki di sekitar markas polisi. Ia menyaksikan unit polisi yang tidak termotivasi dan cakap untuk melakukan patroli, mereka terlalu sibuk menghisap ganja atau candu. Ia juga ikut dengan patroli ANA yang dipimpin oleh komandan yang cakap dan termotivasi. Namun terselip fakta kecil, mereka adalah pengagum Massud yang dianggap asing oleh warga lokal. Bahkan mereka dengan berani menampilkan foto Dustum yang dibenci dan ditakuti warga setempat. Ia menunjukkan kegamangan atas keadaan polisi, namun optimisme akan unit ANA tersebut dibayangi dengan kecerigaan antar etnis.

Seperti apa hasil dari pengamanan yang dilakukan oleh ANA & Polisi? Tampaknya sebagian wilayah Sangin sudah diambil alih lagi oleh Taliban. Yup, tampaknya Taliban akan kembali.

Advertisements

One thought on “Apa Kabar Afghanistan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s