Rampokan Jawa & Selebes [REVIEW]

rampokan

Judul : Rampokan Jawa & Selebes

Pengarang : Peter van Dongen

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Novel grafis karya Peter van Dongen ini adalah ‘lanjutan’ dari novel grafis Rampokan Jawa yang terbit lima tahun lalu. Saya Sebut ‘lanjutan’ karena seharusnya terbit sendiri sebagai Rampokan Selebes namun rupanya diterbitkan jadi satu buku. Pikir saya “Rugilah saya yang sudah punya buku pertama.” Tapi setidaknya saya bisa melihat kelanjutan petualangan Johan Knevel, Belanda Keju yang ‘pulang’ ke Hindia untuk mencari babu ninih-nya.

Takdir, tabrakan modernitas, dan (akhir nafas) masyarakat kolonial adalah sajian utama buku ini. Brutalitas pertempuran Ambarawa, beceknya pasar, ataupun Keindahan Savoy Homann di Bandung terpotret melalui ilustrasi buku ini. Kisah di Jawa banyak berkisah tentang masyarakat yang telah terpengaruh Belanda sementara di Sulawesi cerita beralih pada gerilyawan pedalaman.

Show not tell. Van Dongen berpegang kuat pada hal ini. Van Dongen tidak menyebut pertempuran apa yang ia gambarkan di awal bagian pertama, tapi kita bisa tahu bahwa itu adalah pertempuran Ambarawa. Interpretasi barat bahwa tradisi rampokan adalah simbol orang pribumi (Jawa) menaklukan Belanda tergambar melalui imajinasi Johan ketika ia dikejar-kejar para pribumi.

rampokan2

Namun hal ini justru menimbulkan cerita dalam novel ini agak sukar dipahami dalam sekali baca. Banyak hal terjadi begitu cepat, membuat kita bergumam “huh?” setelah kita menutup halaman terakhir. Tidak mengapa, membaca buku ini berulang kali justru menemukan hal baru dan kedalaman baru.

Mungkin harga buku ini mengintimidasi sebagian diantara kita, namun bagi anda yang berkesempatan, bacalah buku ini meski hanya meminjam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s