3rd Wave Feminist = Bullshit

Shalom Aleichem akhi & ukhti!

Semingguan kemarin sayah ndak nulis di marih, tapi ada cerita lucu di dunia maya yang mengundang saya untuk menulis sesuatu di sini. “3rd wve feminism is shit, here’s why!”

patriarchy_did_this

Baru-baru ini (12 November lalu) agensi luar angkasa Eropa berhasil mendaratkan preangkat penyelidik di Comet 67P/Churyumov-Gerasimenko dalam misi yang dinamai Rosetta. Ini adalah usaha pertama manusia mendaratkan sesuatu di komet, benda angkasa yang bergerak luar biasa cepat dan memiliki orbit sangat eksentrik, TL/DR ini adalah operasi yang sulit sekaligus bersejarah.

Namun bagi mereka yang kerjanya mengeluh, selalu ada hal yang dapat dikeluhkan. Begitu pula kalangan yang mengaku sebagai ‘feminis’. Bukannya merayakan keberhasilan ini atau mencari tahu tentang anggota tim yang berhasil mensukseskan misi ini, para penulis berita gosip justru mencemooh pilihan baju Matt Taylor, ilmuwan utama misi ini. Apa jadinya? Sang ilmuwan pun akhirnya menangis dan meminta maaf kepada pers atas pilihan bajunya yang telah dianggap kurang sopan.

asked_for_it

Yang konyol adalah baju ini adalah baju buatan temannya, seorang seniman wanita yang pendapatannya dari karya-karya seperti baju ini. Tindakan mereka yang terlibat dalam shirtstorm ini adalah bullying yang telah meminta dua korban dan menutup jalan diskusi yang beradab. Matt Taylor adalah ilmuwan luar biasa cerdas, namun mungkinkah ia adalah seseorang yang sebenarnya pemalu dan eksentritisasnya hanyalah topeng? Tak heran jika ia pun tak kuasa menahan air matanya mengahdapi bullying yang ia terima.

KOrban lainnya adalah kaum wanita sendiri. Para inisiator #shirtstorm tidak pernah memikirkan apa yang dipikirkan atau dirasakan pembuat kemeja, jika mereka juga wanita. Yang penting bagi mereka adalah perasaan mereka sendiri (yang entah kenapa sangat mudah tersinggung oleh banyak hal), terutama jika yang menyinggung adalah pria kulit putih. Elly Prizeman, sang pembuat kemeja hanyalah catatan kaki bagi mereka. Yang terburuk dirasakan para wanita yang terlibat dalam misi ini. Jasa Svetlana Gerasimenko, salah seorang penemu komet ini sama sekali tidak disebut, apa lagi para ilmuwan wanita lain yang terlibat dalam proyek ini.

Sarkeesian is the new Orwellian

Sarkeesian is the new Orwellian

Kekesalan terhadap feminisme gelombang ketiga muncul karena diskursus mengenai gender yang awalnya ada di kalangan akademia mulai kehilangan sifat netralitasnya dan justru makin bergerak ke arah radikal. Jika dulu studi sosial-humaniora berusaha mencapai netralitas dan objektivitas dalam gerakan positivisme, telah berganti kepada wacana post-modern yang menyatakan bahwa netralitas adalah omong kosong. Kini aktivis dan beberapa akademia barat tidak malu-malu menyatakan keberpihakannya pada wacana tertentu.

Tak heran bila kemudian dalam gerakan feminisme gelombang ketiga wacana ekualitas yang menjadi perjuangan feminisme gelombang pertama dan kedua tidak lagi muncul. Feminis radikal seperti Dworkin yang tidak malu-malu menyuarakan misandri justru mendapat tempat utama. Ketika kelompok pria menginginkan proteksi serupa dan persamaan hak maka tuduhan “mysogynist” atau “rape apologist” mengemuka. Taktik-taktik gerakan opresif pun mereka gunakan. Cari “Warren Farrel Protest” di Youtube maka anda akan mungkin akan bertanya apakah taktik gerakan feminis ini didapat dari novellet Animal Farm.

Tapi seberapa kesal orang awam terhadap feminisme macam ini? Baru-baru ini dalam polling Time tentang “kata yang harus dilarang tahun 2015.” 45% pengisi polling memilih kata feminisme. Tentu saja, editor TIME terpaksa memveto polling ini.

feminist_time

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s