Gratifikasi dan Gitar (+Demo Buruh)

gratifikasi

 

Gratifikasi, siapa paham soal gratifikasi? Let’s talk about it!

Nah, kita cari dulu asal kata gratifikasi tersebut, dari wiktionary kita dapati asal katanya berasal dari bahasa latin gratificare (melakukan sesuatu demi seseorang, mematuhi, menyenangkan, memuaskan), gabungan dari kata gratus (baik hati, menyenangkan) + facere (membuat).  Arti kepuasan/memuaskan (diri) lebih dominan ditemui dalam penggunaan bahasa Inggris. Tergambar dari kutipan dari kitab satanist “The Satanist believes in complete gratification of his ego.”

gratification

Meski begitu arti “pemberian” malah ditemukan dalam kata lain yaitu gratuity dari bahasa latin gratuitas (diberikan cuma-cuma). Hubungan antara gratuity dan korupsi tergambar dalam film Schindler’s List. Oskar Schindler dalam usahanya membuat pabrik menyuap pejabat Nazi di segala penjuru. Pesta di sana-sini, hadiah ini-itu, hingga uang tunai diberikan pada banyak pejabat Nazi. Amon Goeth yang ingin kebagian jatahnya berkomentar pada Oskar  “I heard you know the meaning of gratitude.”

gratitude

Nah, kita kembali lagi pada arti di bahasa Indonesia. Dalam KBBI sudah ditentukan bahwa gratifikasi berarti uang hadiah kpd pegawai di luar gaji yg telah ditentukan. Entah arti ini ada duluan atau berasal dari UU no 31 Tahun 1999 juncto UU no 20 Tahun 2001. Semua hadiah yang diberikan pada pegawai negeri/pejabat adalah gratifikasi, namun tidak semuanya adalah gratifikasi yang bertentangan dengan hukum. Dalam penjelasan dari KPK gratifikasi yang dilarang adalah bila mengandung unsur suap.

Maka kita bertemu salah satu cerita soal gratifikasi. Gitar bass bertanda tangan Robert Trujillo untuk Jokowi. Sejak tahun lalu KPK sudah menyita gitar tersebut, meski hal ini mengecewakan Robert Trujillo dan pemberinya namun Jokowi tidak mempermasalahkan hal ini dan membiarkan gitar tersebut disimpan oleh KPK.

bass

Kini, setelah Jokowi dilantik sebagai Presiden, tidak ada berita lagi tentang Jonathan Liu yang dituduh memberikan suap tersebut. Pada saat festival anti korupsi kemarin justru Jokowi dan Abraham Samad melakukan pelelangan gitar bass tersebut dari etalase “ghanimah” KPK. Malangnya Jonathan Liu, sang fans yang disangka menyuap. Malangnya Robert Trujillo, pemberian kepada fans tidak diterima.

Jokowi, what a sellout.

=================

Barusan ada demo buruh di Malioboro, mereka hendak mengadu pada Sultan dan meminta kenaikan upah. Mari kita lihat apa yang terjadi:

buruh_1

Seperti inilah barisan para pendemo, sepeda motor mengambil tempat separuh dari total tempat yang mereka gunakan.

buruh_2

Di paling belakang bisa anda lihat ada motor Vixion, Byson, dan Tiger….

buruh_3

“Saya baru saja mendapat sms dari malaikat Mikail!” teriak sang orator. Entahlah, mungkin ia mengidap Jesus Christ syndrome atau apalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s