On ‘Sheikh’ Hosni

lindt_cafe1

Kemarin ada penyanderaan yang terjadi di Sydney. Seperti biasa pelakunya adalah orang (ngakunya) Islam. Namun setelah identitas pelakunya diketahui saya malah ketawa ngakak.

Adalah Muhammad Hassan Manteghi alias Syekh Harun, alias Man Haron Monis. Dia adalah seorang “self styled cleric” atau dalam bahasa Indonesianya bisa kita sebut “mengaku ulama.” Entah dia mendapat akreditas dari mana atau belajar dari mana sehingga ia bisa dipanggil syekh dan diakui sebagai ulama. Tapi tampaknya warga Sydney cukup percaya padanya, ia sempat memberikan ceramah pada muslim Sydney.

Setelah saya baca lagi artikel di wikipedia, sayah makin mengurut dada. Pekerjaannya sehari-hari adalah memberikan pelayanan “spiritual healing” alias dukun. Andai saja ia di Iran mungkin dia sudah dipenjara, apalagi bila ia berada di Saudi. Kepala dan lehernya sudah pisah di hari jum’at. Bahkan dalam pekerjaannya ini ia justru memanfaatkanya untuk  melakukan pelecehan seksual kepada pasiennya.

Lindt_Cafe

Ini detil yang paling aneh! Ia baru saja pindah dari syiah menjadi sunni sekitar seminggu sebelum kejadian. Dalam aksinya ini ia membawa bendera arrayah versi Jabhat Al-Nusrah (musuh/saingan Dawlah Islam di Suriah). Namun dari desas-desus yang ada ia meminta dikirimkan bendera hitam versi Dawlah Islam dan kesempatan berbicara dengan Tony Abbot. WTF! He’s just deranged person trying to an hero by police.

Menghubungkan ia ke Dawlah Islam atau Al-Qaidah tidak akan ada gunanya. Dari kisah hidupnya kita dapat mempertanyakan kesehatan jiwanya.

===============

Kemarin halte Transjogja di Ngabean dihalangi bus parkir. Sial.

transjakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s