Bintang Daud, Zionis, dan Islam

kandang_ayam_yahudi

Salah satu argumen yang digunakan tinfoilers adalah dengan menghubungkan simbol-simbol yang mereka anggap masonic.  Nah rupa-rupanya ada pula lembaga di Indonesia yang dituduh zionis.

Salah satu yang dituduh Zionis adalah Indosat, mengutip kata-kata yang sering diulang Sebagai dampak pengambil alihan saham Indosat oleh Singtel, benih-benih zionisme pun tertanam di tubuh Indosat, termasuk penggunaan lambang yang juga berbau zionisme.

indosat-yahudi

Kontroversi ini segera berulang ketika IAIN Sunan Gunung Djati berubah status menjadi Universitas Islam Negeri, mereka merubah beberapa komponen identitasnya termasuk logonya menggunakan pola geometris islami dan dengan kemasan lebih modern. Pola geometris seperti ini menjadi salah satu identitas Islam selama berabad-abad, sebagai wujud dari pengembangan seni dan ilmu (matematika). Oleh karena itu UIN Bandung akhirnya menggunakan logo baru seperti ini:

logo-uin-Bdg

Tentu saja keluar reaksi standar YAHUDI!!! ZIONIS!!!!

Tapi mengapa kita tidak menggali sumber-sumber lebih jauh untuk mengenal logo ini? Benarkah logo ini adalah logo Zionis? Hasil konsultasi saya dengan mbah gugel membawa saya sampai pada satu blog di belantara wordpress yang menunjukkan berbagai penggunaan bintang bersudut enam dan hexagram di berbagai kebudayaan dunia.

Blog ini menyatakan “Beberapa Bintang David kuno telah ditemukan di Israel, tetapi semua itu berasal dari masa sebelum orang Yahudi mengadopsi simbol ini untuk mewakili keyakinan mereka.” Entah apa maksud dari pernyataan ini. Bukti arkeologis penggunaan simbol ini lebih tua daripada saat ketika kaum Yahudi mulai menggunakannya? Mungkin maksudnya simbol ini lebih tua daripada nabi Daud yang dinisbatkan sebagai pemilik simbol ini. Namun entah mengapa setelah ia menunjukkan penggunaan Bintang Daud/Hexagram di berbagai kebudayaan ia justru tetap ngotot bahwa simbol ini adalah simbol satanis dan hanya itu saja arti dari simbol ini.

Ini adalah saksi kejayaan Islam di Eropa.

Ini adalah saksi kejayaan Islam di Eropa.

Namun daripada repot melihat dari kebudayaan luar Islam, mari kita menengok ke dalam budaya Islam! Dalam seni, arsitektur, dan matematika Islam kita mewarisi hasil budaya berumur ribuan tahun. Dalam Islam gambar dan patung tidaklah diperkenankan sebagai penghias masjid, oleh karena itu para pendahulu kita yang jenius membuat berbagai pola sebagai penghias masjid, benteng, dan istana. Pola-pola geometris ini dibuat sebagai representasi ayat-ayat kauniyah, tidak heran UIN Bandung, UIN Yogya, dan IAIN Surakarta menggunakan pola-pola geometris ini sebagai logo institusi ilmiah mereka.

Pola yang digunakan ada yang menggunakan basis lingkaran yang dibagi lima, enam, delapan, dan sepuluh. Berbagai pola yang ada dapat ditemukan dalam Topkapi Scroll yang memuat ratusan contoh pola geometris dan kaligrafi Islami. Tak heran bila kita menemui Bintang Daud yang merupakan identitas Yahudi juga digunakan sebagi hiasan masjid. Itu semua adalah bagian dari evolusi seni Islam, pola geometris bersudut 6 sudah ditemukan sejak abad ke dua hijriyah!

AIP WEBSITE IMAGE 4

Silahkan jika anda ingin mengenal geometri Islam-Persia, artikel ini bisa menjadi pembuka.

Insya Allah jika anda mengenal betul “masa keemasan Islam” anda tidak akan sedungu itu segera berteriak “Yahudi!!!” begitu melihat pola-pola seperti ini.

===================

Bacaan lanjutan:

http://en.wikipedia.org/wiki/Arabesque_(Islamic_art)

http://en.wikipedia.org/wiki/Islamic_geometric_patterns

http://en.wikipedia.org/wiki/Topkap%C4%B1_Scroll

http://artofislamicpattern.com/resources/educational-posters/

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2095263513000216#

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s