Melia, Quelle Horreur

2044731_20130807073602 Aah, MLM. Sayah sempat nulis soal MLM. Ternyata akhir-akhir ini rame lagi soal MLM.

Kali ini adalah MLM bernama Melia Sehat Sejahtera (dulunya Melia Nature Indonesia). Nah sebelum ikutan ghibah soal kelakuan anggota MLM ini mari kita bahas satu kamuflase para MLM: produk yang mereka jual. Produk yang dijual Melia yaitu Melia Biyang dan Melia Propolis.

Pertama-tama apa itu propolis? Propolis tidak lain adalah campuran resin yang digunakan oleh lebah sebagai penambal sarangnya. Propolis berbeda dengan material utama sarang lebah yang berupa lilin (beeswax), ia adalah campuran lengket. Karena lebah terdiri dari beragam spesies dan mendapat sumber resin yang berbeda-beda maka tidak heran jika mereka menghasilkan propolis yang berbeda-beda. Meski begitu propolis digunakan selama ribuan tahun sebagi obat tradisional.

Kini ada yang mengiklankannya sebagai obat mujarab segala penyakit:

propolis

click to see full size

If It’s too good too be true, it might be it is. Kapan terakhir kali anda mendengar obat mujarab sapu jagad yang bisa membuat semua penyakit pergi?

Situs kesehatan dari pemerintah Amerika menyatakan bahwa propolis “mungkin bermanfaat” (Possibly effective) untuk mengobati cold sores (lecet di mulut karena demam), genital herpes, dan perawatan setelah operasi mulut. Laman tersebut sama sekali tidak menyebut soal darah tinggi, diabetes, asam urat, stroke, kanker, kolesterol, dll. Entah klaim Melia (atau anggota jaringannya) berasal dari mana.

Ada situs blog yang “tampak resmi” mengiklankan manfaat propolis untuk penyakit jantung, stroke, dan mata. Entah bagaimana cara produk ini mengobatinya, resep melawan penyakit-penyakit yang ada adalah dengan mengkonsumsinya atau meneteskannya pada mata secara langsung. Padahal jika digunakan sebagai obat tetes mata coba lihat video berikut:

Okay, isinya alkohol dan situ anjurkan untuk ditetesin ke mata? WTF bruh?????

Tapi Melia bisa saja berkelit bahwa itu hanya klaim distributornya. Seperti biasa perusahaan MLM memang selalu mengorbankan mereka yang bergabung dengan organisasi mereka.

Ternyata klaim para pebisnis jaringan ini tidak berhenti sampai disitu. Butuh obat HIV?

HIV

Sayah males bahas capek-capek soal Melia Biyang. Silahkan kunjungi artikel ini, langsung lihat ke komen-koemnnya. Tampaknya mujarab untuk membuat penis anda besar & kuat atau juga bisa membuat buah dada anda montok.

Nah, kali ini sekilas soal anggotanya. Shit is shady as fuck! How could you get shadier than this?

MestraSejak kapan DPR menaungi perusahaan tertentu? Ini tawaran lowongan kerja atau jebakan untuk diprospek?

Kalau mau menggali lagi keknya makin banyak keanehan dari bisnis jaringan ini. Tapi daripada sayah capek, mending saya sudahi saja. Sudah keliatan ndak bener bisnis ini. Keep sane man. Sepertinya jika situ kebetulan ketemu dengan yang menawarkan ini mendung langsung kabur aja. Jangan sampek situ kecemplung dah.

=======================

Semua gambar bersumber dari sebuah thread di kaskus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s