Click Bait & Share. #ngomel

shitpoting

Beberapa hari lalu sayah membahas tulisan yang sempat disebarkan oleh rekan-rekan di internet, saya berhasil menelusuri sanad artikel tersebut yang rupanya putus ndak jelas siapa penulis aslinya (jadi sulit dipertanggungjawabkan). Tapi kini saya ketemu cerita baru yang asal-usulnya juga ndak jelas.

Sebelum kita bahas cerita baru tersebut mungkin saya perlu menambahkan bahwa cerita soal bayi pengemis yang dicekoki heroin tersebut memiliki dimensi rasial, tidak hanya tentang dunia pengemis saja tetapi tentang etnis Roma/Gypsi yang sering diidentikkan dengan pencurian, penculikan bayi, dan banyak kejahatan dunia hitam lainnya. Mereka terperangkap dalam budaya meminta-minta, menolak melakukan keluarga berencana, dan sulit diintegrasikan dalam masyarakat Eropa.

Mungkin penulis aslinya membuatnya dengan prasangka rasialis, mungkin juga tidak.

Mari kita berpindah bahasan.

mole_people_tribun

seriously?

Saya memang susah percaya dengan beberapa situs “berita” lokal. Bukan hal yang baru bila mereka menggunakan situs-situs yang tidak dapat diverifikasi sebagai sumber.  Tapi kali ini mereka menyadur cerita yang setelah saya telusuri sudah beredar lebih dari 6 tahun lalu! To add insult to injury, weekly world news adalah situs berita satir. Memang ada situs yang menyajikan cerita serupa dengan serius dan mereka yakin 100% benar. Tapi itu adalah situs berita UFO yang tentu saja memiliki bias yang lumayan kentara.

Tapi lihatlah betapa banyak yang mau percaya begitu saja terhadap artikel tersebut? Sewaktu tulisan ini dibuat sudah ada 13 ribu like dan share! Anda mungkin tidak percaya ketika membaca judulnya, tapi saya tahu adanya artikel tersebut ketika ada seseorang yang menanyakan langsung pada saya. What a gullible person she is.

tribun hoax

at last, sane person.

Orang-orang mudah percaya macam inilah yang amat rentan berbagi kabar bohong.

Sekedar menjelajahi media sosial membuat mereka terpapar berbagai kabar dari situs. Tentu saja artikel-artikel tersebut isinya penuh bumbu sensasional, dibuat merangsang imajinasi pembacanya, namun miskin cek dan ricek. Para gullible retard ini setelah melihat artikel macam ini segera tergugah untuk membaginya melalui media sosial. Maka proses serupa terjadi lagi pada orang lain.

Tentu saja, tidak semua orang akan setuju dengan artikel tersebut tapi bagi pemilik situs ini cukup bagi mereka. Tiap orang yang berkunjung ke situsnya akan menjadi sumber pendapatan bagi mereka. Dari mana lagi mereka mendapat pendapatan kalau bukan sponsor/pengiklan? Mereka mendapat pendapatan dari tiap klik & hits, itulah sebabnya mereka disebut clickbait .

internet_lie2

Reaksi postif maupun negatif dari anda adalah sumber pendapatan bagi mereka. Fakta bukanlah sesuatu yang utama bagi mereka, yang penting adalah klik anda. Bahkan tulisan saya yang menyertakan tautan pada situs mereka juga membantu mereka mendapatkan klik.

Kutuklah tribun yang sedemikian mudahnya menyebarkan kabar yang tidak sahih. Belajarlah melakukan “kritik sumber” sebelum mengklik tombol “share”. Ingatlah, ketika anda turut men-share kabar tersebut, anda telah menyebarkan kerusakan. You’re part of the problem.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s