History of Africa(2) : Sumber-Sumber Sejarah Afrika

Mansa_Musa_on_MapKetiadaan sumber yang lengkap dalam sejarah Afrika sudah disebutkan sebelumnya. Hanya Mesir dan negeri-negeri yang berada dalam pengaruhnya yang memiliki budaya tulis cukup tua. Negeri-negeri lainnya tidak memiliki tulisan untuk mencatat sejarahnya, terkadang hanya pengaruh Islam atau kolonisasi Eropa yang memberikan kesempatan literasi bagi negeri ini.

Untuk mengatasi hal ini maka temuan dan kajian arkeologis digunakan untuk mendapatkan gambaran kehidupan dan hasil budaya Afrika arkais, baik sebelum dan mulai dari masyarakat Afrika memiliki budaya pertanian.

Sebagai pelengkap dari kajian arkeologis terdapat pula tulisan-tulisan sejarah tentang Afrika. Antara abad ke delapan hingga 15 Masehi setidaknya ada dua lusin penulis arab yang menulis tentang sejarah, geografi, atau perjalanan. Adalah Mas’udi, penulis asal Baghdad yang telah berkunjung ke pelabuhan Afrika Timur hingga Madagaskar, sementara Haikal, penulis Baghdad semasa dengannya, berkunjung ke pedalaman Afrika Barat dan melihat Imperium Ghana, namun tidak memandang penting menuliskan sejarahnya.

Namun sumber penting tentang sejarah Afrika adalah tulisan Al-Umari yang menulis tentang Mansa Musa, raja Mali yang menimbulkan inflasi di Mesir hingga Sisilia dalam kunjungannya ke Kairo. Karya lain yang cukup baik menggambarkan Afrika adalah catatan perjalanan Ibnu Battutah yang bepergian hingga pedalaman Afrika Barat.

Terdapat pula beberapa tulisan muslim Afrika yang menggambarkan masyarakat dan sejarah Afrika pada masanya. Pada abad ke-16 Masehi catatan tertulis tentang Afrika meningkat jumlahnya.. Tidak hanya dari catatan orang Eropa atau Arab saja namun penulis Afrika asli mulai menuliskan catatannya dalam bahasa Arab, Swahili, atau bahasa Eropa.

Sumber tertulis di atas cukup memberi sedikit gambaran tentang sejarah Afrika dari abad 10 Masehi hingga kini. Untuk masa sebelumnya maka digunakanlah studi arkeologi. Studi tentang budaya zaman batu dan kemunculan manusia adalah sumber utama tentang masa ini.

ST_MARY_OF_ZION_CHURCH_AxumKini studi-studi etno-linguistik digunakan juga untuk memberikan gambaran tentang sejarah Afrika. Dari studi linguistik kita bisa mengetahui pola-pola migrasi bangsa-bangsa Afrika melalui rekonstruksi penyebaran bahasa. Hasil kajian ini digunakan bersama-sama untuk menjelaskan sejarah Afrika, dan umumnya temuan linguistik dapat dikonfirmasi oleh kajian arkeologis. Salah satu contoh hasil kajian ini adalah mengenai migrasi dan penyebaran Bantu di Afrika.

Yang jarang diketahui adalah penggunaan studi botani dan pertanian untuk merekonstruksi sejarah Afrika. Masing-masing kebudayaan melakukan pertanian yang spesifik/khas, meninggalkan jejak tanaman pangan yang berada di habitat asing. Dari hasil studi ini diketahui memang sejarah dan budaya Afrika di selatan Saharan justru dibangun dari tanaman-tanaman pangan yang banyak bukan merupakan tanaman asli Afrika.

Sumber lain dalam rekonstruksi sejarah afrika adalah tradisi oral. Terdapat suatu kelas penutur cerita atau pendongeng dalam berbagai masyarakat Afrika. Mereka inilah yang menyebarkan cerita tentang berbagai kerajaan atau pahlawan suku-suku Afrika. Meski memiliki potensial, namun cerita dari tradisi oral ini tidaklah reliable untuk lebih dari dua abad atau beberapa generasi saja.

Dengan berbagai sumber dan studi yang disebutkan diatas maka sejarawan dapat mengkonstruksikan gambaran umum sejarah Afrika. Meskti tidaklah dapat mendapatkan gambaran detil tentang berbagai peristiwa yang pernah terjadi namun dengan studi-studi ini dapat dibuktikan bahwa Afrika tidaklah tidak memiliki sejarah.

___________

Bahan Bacaan:

Emmet Jefferson Murphy, History of African Civilization (Crowell : New York, 1972)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s