STIFIn, Sebuah Pseudoscience?

Kerna kemarin saya berkunjung ke laman seseorang yang terkenal dikalangan anti-Jokowi saya menemukan bahan baru untuk blogging: STIFIn.

STIFIN_JonruMetode STIFIn ini mengklaim bahwa melalui alat pembaca sidik jari yang mereka gunakan mereka mampu mendeteksi kepribadian seseorang yang mereka bagi menjadi 9 jenis kepribadian. Mereka mengklaim bahwa dari riset tim Malaysia metode mereka dapat dipercaya. Sayang saya masih males mencari jurnal ilmiah tempat riset tersebut diterbitkan.

Selagi berkelana di jagad maya, saya dapati bahwa “kecerdasan sidik jari” adalah pseudoscience yang mendompleng teori multiple intelligence Howard Gardner untuk membuat jualan mereka terdengar ilmiah. Mungkin untuk menghapus jejak hubungan dengan kecerdasan sidik jari lainnya mereka membuat konsep baru ini. Tentu bila anda cermat anda akan heran, mengapa konsep tentang “kepribadian” dan “kecerdasan” bisa saling dibandingkan ibarat membandingkan jeruk dengan wortel. Keduanya diperlukan tapi yang mereka berikan berbeda.

suckerAh, entahlah. Bila Jonru ingin memberikan layanan motivasi dan semacamnya saya sih ndak bakal protes macem-macem. Banyaknya pengikut Jonru di jagad maya sudah menjadi bukti bahwa ia adalah public speaker yang bermutu. Namun cara jualan macam ini ndak sreg di hati sayah.

Advertisements

2 thoughts on “STIFIn, Sebuah Pseudoscience?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s