Beras Palsu, Plastik, Whatever

Baru-baru ini muncul simpangsiur berita soal beras plastik. Bahkan demo penggulingan Jokowi gagal gara-gara panasbung takut sumbangan nasi bungkus dari beras palsu. Yuk kita telusuri lagi berita tentang ini!

1520250IMG-20150519-130125780x390

Isu ini muncul dari laporan tentang beras yang diduga palsu dari seorang penjual bubur di Bekasi. Belum ada kepastian dari hasil uji laboratorium mengenai hal ini, namun pejabat kota Bekasi malah memperagakan cara mengetahui beras yang ditemui asli atau tidak.

Rupa-rupanya selama minggu-minggu ini berita serupa bisa juga ditemuai dari situs berita luar. Strait Times melaporkan adanya beras palsu yang mencapai beberapa negara seperti Indonesia dan India, namun tidak mencapai India. Ciri beras palsu seperti disebutkan oleh Strait Times adalah beras tersebut tetap keras meski sudah dimasak.

Dari mana beras palsu ini datangnya?

Saya sudah cukup lama membaca mengenai beras palsu ini. Saya mencoba mencarinya dari Chinasmack (blog yang mendokumentasikan trend berita dan gosip di Tiongkok) namun tidak menemukannya. Setelah saya cari maka saya temui berita dari Korea Times bertanggal 20 Januari 2011. Konon beras palsu ini dibuat dari kentang dan ubi yang dihancurkan dan direkatkan dengan perekat resin sintetis.

Kalau yang ini berasnya asli lhoo.

Kalau yang ini berasnya asli lhoo.

Sejujurnya saya masih kurang percaya tentang benar atau tidaknya beras palsu ini. Mencetak beras dari tepung kentang dan ubi tidaklah mudah dan labor intensive. Namun siapa yang tahu, Tiongkok dikenal mampu membuat berbagai barang lebih murah dari negeri lainnya.

Satu hal yang mengganggu saya adalah tentang klaim bahwa beras palsu ini berwarna bening dan sulit dimasak. Saya juga menemui beras yang sukar dimasak akhir-akhir ini. Namun beras tersebut justru putih seperti ketan dan saya tidak mengalami masalah karena beras tersebut.

Mungkinkah akhir-akhir ini muncul strain beras baru yang lebih sulit dimasak dan hal ini hanya scare panic sesaat?

Advertisements

2 thoughts on “Beras Palsu, Plastik, Whatever

  1. Beras yang palsu lebih mahal produksinya daripada yang asli, berarti tujuannya bukan semata-mata uang tapi memang mau menyakitkan penduduk target. Jelaslah siapa dibalik beras palsu ini.

    Asem, sy manggut2 aja baca berita di posronda..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s