Bohohoho Soal Ukuran Ban Sepeda

Sepeda adalah kendaraan paling murah yang dikenal semua orang. Bahan bakarnya adalah bahan bakar bagi pengendaranya sendiri (macam nasi telor dari A’a Burjo). Kadang kala anda membeli sepeda anda asal saja mengambil yang bisa anda jangkau tanpa memperhitungkan kualitas dan kesediaan suku cadang.Salah satu komponen yang habis pakai adalah ban sepeda. mari kita tengok jenis-jenis ban sepeda modern.

sepeda_desaSaat ini di Indonesia dikenal 1 standar yang cukup lama dipakai yaitu ban ukuran 28 inci, ban ini dikenal juga debagai ban becak karena paling luas digunakan oleh becak. Sepeda-sepeda lama buatan awal abad 20 juga menggunakan ban ini. Sepeda ini sering disebut pit onthel, pit jowo, populer di Amerika kini populer dengan sebutan Dutch Bikes. Ban ini sangat kuat, bila anda menggunakan sepeda ini dan ban anda kempes, lanjutkan perjalanan hati-hati tidak perlu takut pelek dan bannya rusak. Ada bebera jenis ban lainnya namun saya belum familiar.

Nah, untuk standar modern ada 3 standar ban & pelek yang kini umum digunakan di Indonesia. Ini tidak termasuk dengan ban sepeda yang digunakan oleh sepeda anak. Ukuran ban yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:

A. ISO xx-622 yang berarti ukuran tapak ban (menempel pada tanah) selebar xx mm dan diameter lingkar dalam ban (menempel pada rim bead) 622mm. Untuk sepeda balap atau road bikes ukuran ini dikenal juga sebagai 700C (french system). Ukuran ban ini juga ditemui di sepeda gunung (MTB) dengan sebutan 29er, dilihat dari lingkar terluar ban yang diameternya sekitar 29 inci. Pada sepeda hybrid biasanya disebut dengan french system yang seperti 700x38C yang artinya ban ukuran 700c dengan lebar tapak 38 mm.

B. 26’x1,0-5,0′ atau ISO xx-599. Ini adalah ukuran ban dan pelek yang paling umum digunakan oleh sepeda gunung dan beberapa city bike. Ukuran 26 merujuk pada lingkar luar ban yang (seharusnya) berukuran sekitar 26 inci, namun hal ini tergantung seberapa gendut ban tersebut. Bila ban tersebut amat kurus, dengan tapak 1 inci, maka lingkar terluarnya tidak sampai 25 inci sedangkan bila ban tersebut gendut maka tentu lingkar terluarnya lebih besar lagi.

C. 27,5′ atau 650 B (french) atau ISO xx-584. Ini adalah ukuran ban yang baru-baru ini digunakan untuk sepeda gunung, sedikit lebih kecil daripada 29er namun lebih besar dari 26er. Ban ini di Indonesia diperkenalkan oleh Polygon pada beberapa sepeda gunungnya. Sebenarnya standar 650B sudah ditinggalkan di dunia sepeda selama 70an dan dekade 2000an kecuali oleh Rivendell Bike Works yang mempromosikan ban ini untuk mendapatkan ruang lebih lega di road bike yang tidak berorientasi balap.

Di atas adalah 4 standar ban sepeda yang paling umum digunakan dan mudah mendapatkan ganti bannya. Tidak semuanya sama mudahnya, ban hybrid 700x38C hanya saya temui di Rodalink karena yang menjual sepeda dengan ukuran ban tersebut sangat jarang. Ban ukuran 27.5′ juga hanya ditemui di toko High-end karena hanya Polygon dan sepeda import yang menggunakan ukuran ini.

=================

Bacaan: Sheldon Brown’s tire sizing.

Advertisements

7 thoughts on “Bohohoho Soal Ukuran Ban Sepeda

  1. Assalamualaikum wr. wb…
    Sy fikrie bang
    Kalo ban sepeda polygon heist ni ukurannya 700x38c. Kira2 kalo dikonversi ke ukuran 20an brp ya?

    Like

  2. Pingback: Bohohoho Soal Ukuran Ban Sepeda – Explore Pati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s