Where Were You When Reddit is Kill?

safe_spaces

The internet. Dunia Maya. Sebuah dunia lain yang membuat pusing generasi tua yang sudah malas mempelajari hal baru. Tak perlu kita bicarakan dunia 4l@y macam facebook dan 9gag, mari kita bicarakan reddit.

Reddit dikenal dan bangga dengan sebutannya sebagai “halaman depan internet.” Ia menampilkan diri sebagai tempat perbincangan lebih serius dari pada memefaggotry kekanak-kanakan 9gag atau kegilaan dan “dunia hitam” anonymous image board (whatever chan you may think of). Berbagai subreddit menampung relung minat penggunanya. Anda bisa menemui /r/metal untuk membicarakan musik metal (tidak termasuk numetal, metalcore, dan deathcore, poseur no need to apply” they said).

Bila dulu para pengusaha dan politisi menjalin relasi melalui freemason dengan dalih melakukan kegiatan sukarela dan amal, reddit telah menjadi ajang amal pengguna internet abad 21. Selain amal ada pula aktivisme politik terkait hak cipta dan kebebasan berbicara. Bahkan aktivisme demi kebebasan berbicara ini kadang berbuntut perang dengan media lain berbasis internet.

1430166660010

Tahun 2014 adalah tahun perang di dunia maya. Sekelompok orang menemukan indikasi nepotisme dalam game di satu pihak, dan internetpun terbelah antara kalangan Social Justice Warrior dan White Anglo-Saxon Protestant Male. Diskusi mengenai ini board /v/ diberantas, begitupula di reddit. Shadowban melanda tiap user yang membicarakan isu ini. Namun diskusi ini tetap berlanjut di /r/KotakuinAction dan berhasil membuat Gawker media kehilangan jutaan dollar pendapatan dari iklan.

Namun ternyata ada musuh besar dalam selimut. CEO reddit, Ellen Pao adalah seorang yang anda bisa katakan sasaran dari gamergate. Tuntutan yang dilakukan Ellen Pao terhadap perusahaan tempat ia bekerja sebelum reddit menunjukkan seperti apa pandangan Elle Pao mengenai gender dan ras. Suami Ellen adalah orang yang memiliki riwayat menuntut perusahaan-perusahaan besar, tuduhan bahwa Ellen memainkan isu ini untuk keuntungan pribadi bukan tanpa sebab.

Maka datanglah kabar : reddit adalah safe spaces.

Bagi anda yang terbiasa mengamati diskusi dunia maya akhir-akhir ini maka anda bisa melihat bahwa bullying terjadi di mana-mana. Namun tidak semua bullying adalah setara. Reddit dan berbagai forum adalah tempat anda bisa membuat persona yang memiliki jarak dari pribadi dunia nyata. Mereka yang mampu menjaga jarak akan aman. Situs yang mengaitkan pribadi dengan persona internet seperti twitter atau facebook juga terjadi bullying, untuk mengatasinya cukup dengan mematikan akun anda di situs tersebut.

bring back bullying

Banyak yang mengemukakan bahwa safe spaces adalah eufimisme untuk sensor. Banyak pengguna internet yang mengemukakan bahwa mereka tidak melakukan bullying namun memberikan sebuah tantangan atas pandangan atau perilaku, sebuah diskursus dan debat dalam dunia maya. Namun kalangan SJW menganggap tantangan ini sebagai bentuk ancaman terhadap mereka. Triggering dan shaming adalah jurus untuk menutup mulut para pendebat.

Maka segera saja /r/FatPeopleHate/, tempat mendiskusikan, mentertawakan, dan menistakan mereka yang memiliki obesitas dihapus dari reddit. Sampai saat ini /r/KotakuInAction/ masih dibiarkan hidup segan mati tak mau. Sensor berat oleh tim reddit menjadikan diskusi di subreddit tersebut kehilangan dinamikanya. Entah bagaimana berbagai nasib subreddit yang menggunakan nama ‘kontroversial’ seperti /r/pcmasterrace/

Namun seperti banyak kalangan mengeluhkan, ini bertentangan dengan nilai kebebasan berbicara yang sebelumnya digaungkan oleh tium reddit sendiri.

reddit-vs-voat

Exodus.

Itulah yang dapat dilakukan para pengguna reddit. Dunia maya adalah dunia yang bisa mendukung kebebasan. Maka para penggunanya dapat memilih venue yang mendukung mereka mencurahkan ide dan kreativitasnya. Eksodus ke voat.co menjadi pilihan karena voat memiliki skema yang mirip dengan reddit, minus ban-happy moderator & admin. Namun untuk menambah api drama ini, muncul satir bahwa reddit akan menuntut voat.

Ah, sudahlah mari nyanyikan lagu Meeya Laujin “Ekksoodasu…”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s