Cerita Ganjil Rachel Dolezal

Fiksi tidak lebih aneh daripada dunia nyata. Fiksi dibuat untuk dapat membuai pemirsa, oleh karenanya haruslah sedikit dapat dipercaya. Namun dunia nyata tidak mengikuti aturan tersebut. Salah satu kisah ajaib adalah kisah tentang Rachel Dolezal yang mengaku sebagai orang kulit hitam.

1384346124373Sekedar mengaku sebagai kulit hitam tidaklah membuat cerita ini luar biasa. Rachel Dolezal menjabat sebagai Chapter President National Association for Advancement of Coloureds People. Bahkan iapun sempat mengajar studi Afrikana di Universitas Eastern Washington. Pengalamannya hidup di bawah naungan teepe dan berburu dengan busur dan panah di padang rumput Afrika sebagai menjadi sumber autentik dalam pengajaran studi diaspora Afrika.

Tapi itu semua cerita itu bohong.

Seperti bisa dilihat dari gambar di atas, ia adalah seorang wanita kulit putih. Ayah-ibunya adalah orang kulit putih. Ia dibesarkan dalam keluarga kulit putih, dan warisan etnisnya adalah German, Ceko, dan Swedia. Namun bukan berarti keluarganya tidak memiliki hubungan dengan kalangan kulit hitam. Ayah dan Ibu Rachel mengadopsi 4 anak kulit hitam.

Ruthane Dolezal menunjukkan foto keluarga

Ruthane Dolezal menunjukkan foto keluarga

Silahkan anda mencari sendiri kisah Rachel di interwebs, mumpung masih hangat ceritanya.

“She has over the past 20 years assimilated herself into the African-American community through her various advocacy and social justice work, and so that may be part of the answer.” Itulah komentar dari ibunda Rachel tentang pilihan anaknya. Dalam du dasawarsa tersebut Rachel sama sekali tidak menghubungi keluarganya, memutus kemungkinan ia ditemukan memiliki hubungan keluarga dengan kalangan kulit putih.

Petunjuk mengenai hal ini bisa dilihat dari riwayat Rachel berinteraksi dengan kalangan kulit hitam. Selain ayah-ibunya mengadopsi 4 anak kulit hitam ia juga bersekolah di sekolah yang didominasi orang kulit hitam. Ia juga menikahi pria kulit hitam. Tampaknya ia memiliki perasaan tertentu terhadap orang kulit hitam.

unlimited_lies

Rachel sudah tidak mengakui keluarganya dan bahkan meminta orang lain untuk berperan sebagai ayahnya.

Jelas bahwa Rachel merasa ingin menjadi seorang kulit hitam. Ia ingin melepaskan segala asosiasi dari rasnya, kulit putih, yang sering dianggap sebagai ras pemenang (penindas) dan segala kenyamanan dari menjadi kulit putih. Ia ingin menjadi ras tertindas. Pengalaman sebagai kalangan yang oleh media dan literatur disebut sebagai yang kalangan tersisihkan dan tertindas. Ia ingin mengecap kemuliaan sebagai kaum terdzalimi.

Ini membawa kita ke dongeng tentang seorang gadis Yahudi yang lari dari holocaust dan dipelihara oleh serigala. Tentu saja cerita itu hanyalah khayalan. Misha Defonseca membuat cerita itu sebagai caranya mengatasi trauma masa kecilnya. Penyia-nyiaan oleh keluarganya ditutup dengan kisah luar biasa bahwa ia adalah seorang Yahudi yang tertindas.

Antara Rachel dan Misha, anda akan menemui delusi yang sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s