Selamat Jalan Mullah Omar

mullah-omar1Baru saja keluar kabar bahwa Amir dari Emirat Islam Afghanistan, Mullah Muhammad Omar telah meninggal dunia, kali ini kabar datang dari juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid. Inna lillahi wa inna ilayhi rajiun. I have no bad words for this man, even his alliance with Al Qaida should be understood with Taliban’s circumstances.Maka kemudian muncul pertanyaan tentang masa depan Afghanistan tanpa Mullah Omar. Saat ini Taliban sudah menyatakan perang terhadap Daesh dan yang berbai’at pada mereka. Tentu saja pertanyaannya adalah tanpa Mullah Omar akankah pamor Taliban turun? Tidak dapat dibantah bahwa jaringan Haqqani dan Syura Quetta adalah kelompk yang selalu disebut oleh pers dalam perlawanan terhadap pemerintah Kabul dan NATO.

Tanggapan dari artikel op-ed yang ditulis orang dekat Karzai cukup unik: Mullah Omar tidak relevan untuk masa depan Afghanistan. Artikel tersebut menunjukkan bahwa kabar kematian Mullah Omar telah santer terdengar sejak tahun ini, bahkan ia berada dalam perlindungan ISI Pakistan, mengingatkan kepada laporan tentang Usamah yang menjadi tahanan ISI. Bahkan laporan yang dimuat Newsweek menyebut adanya gossip jikalau Mullah Omar “disyahidkan”  oleh Akhtar Mansoor dan Gul Agha.

Akhtar Mansoor (kiri) mengklaim dirinya ditunjuk menggantikan Mullah Omar (kanan).

Akhtar Mansoor (kiri) mengklaim dirinya ditunjuk menggantikan Mullah Omar (kanan).

Kini dengan klaim bahwa Mullah Ansar Mansoor menerima mandat dari Mullah Omar untuk menggantikannya memimpin Taliban kita melihat adanya jalan perpecahan di Taliban. Ada pihak yang menolak pengangkatan Akhtar Mansoor dan meminta pertemuan Syura untuk menetapkan Amir baru, Akhtar pun hanya mengingatkan perlunya persatuan.

Tanpa adanya Mollah Omar sebagai figur hampir mythical untuk mempersatukan Taliban, akankah para panglima Taliban mengalihkan bai’atnya?

Advertisements

One thought on “Selamat Jalan Mullah Omar

  1. Pingback: Selamat Jalan Mullah Omar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s