Guys, Leave No Trace Please?

Pada 16 Agustus lalu saya melakukan pendakian ke Merbabu, momen saat ramai-ramainya pendakian selagi perayaan kemerdekaan Indonesia. Saya gagal mencapai puncak kerna keburu ngantuk berat, tak saya kira dua hari kemudian muncul berita ini:

mount_merbabu_java_624x351_afpBaiklah kawans cobalah ingat nasehat satu ini:LEAVE NO TRACE!!!

Sedapat mungkin jangan tinggalkan sisa aktivitas manusia di tempat seperti ini. Bukan hanya sekedar di wilayah seperti gunung tapi Taman Nasional. Sedapat mungkin jangan potong tanaman untuk membuat api atau shelter, persiapkan keperluan anda sedari awal sehingga anda tidak perlu merusak tanaman dan lingkungan di sekitar.

Api, yang satu ini amat penting. Jangan buat api terbuka (api unggun) di gunung. Sisa dari api ini akan merusak pemandangan dan untuk waktu lama tidak akan hilang. Yang paling berbahaya di musim kemarau seperti saat ini adalah bahaya kebakaran, dan inilah yang terjadi saat ini.

Tapi bagaimana dengan ketrampilan-ketrampilan seperti bushcraft & scoutcraft yang membutuhkan menebang pohon dan membuat api? Lakukan di bumi perkemahan, hutan belakang desa, atau hutan lain di luar Taman Nasional!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s