Joyless Wijoyono

Sudahkah anda menonton aksi terbaru Elanto Wijoyono? Rupa-rupanya 15 minutes of fame yang kemarin disambung dengan aksi terbaru Elanto Wijoyono: menangkap tangan terjadinya pungli di Yogyakarta.

elanto-wijoyono-aktivis-dari-yogyakartaKhusus kali ini sayah sama sekali ndak respek dengan aksi mas Joy. Ha kok?

Jadi begini, silahkan tonton dulu videonya yang pertama, ke dua, dan ke tiga ini. Apa yang anda lihat?

Di video saya sendiri ndak begitu masalah ketika mas Joy bertanya kepada sang kenek. Sudah memberi berapakah beliau kepada polisi di dalam? Sang Kenek berlalu begitu saja. Di video ke dua ia “mewawancarai” sang polisi. Mulai saya melihat hal yang rada error di sini. Mas Joy tidak bisa menahan emosinya. Cara mas Joy yang rada kasar dalam bertanya nama sang polisi tentu saja membuat sang Polisi marah. It’s painful to watch tbh.

Tapi aksi mas Joy tidak selesai di video pertama dan ke dua saja. DI video ke tiga ia mengikuti kenek truk yang menuju ke pos polisi tersebut. Di sinilah respek saya terhadap mas Joy hilang. Kenek truk yang sedang berjuang mencari sesuap nasi ini ditanya dengan kasar “ning tanganne opo?!” Ia membentak dan memburu kenek itu demi menemukan bukti adanya tindakan suap di sore itu.

defuggJoyless Mas Joy.

Setidaknya anda ‘kan bisa meminta dengan sopan dan tak perlu membentak seperti itu. Itu kenek memang punya dosa bawa pasir di jalan kota, tapi dia tetap manusia yang seharusnya anda hargai. Mentang-mentang anda sedang membawa misi khusus membersihkan negeri ini dari korupsi apa anda harus membentak-bentak seperti itu? That’s harassment masvroh.

Ndak perlulah kita merasa suci dari semua cela. Kita juga pastinya punya cela, manusiawi. Oleh karenanya ketika sedang memperbaiki orang lain janganlah lupa bahwa mereka juga manusia. Katanya sih kalo mau dakwa, jalankan dengan cara ahsan (baik). Ada pula pepatah He that is without sin among you, let him first cast a stonemengingatkan kita untuk introspeksi dulu sebelum mejatuhkan hukuman pada orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s