Jordan-Israel 2015: Pasang Handyplast untuk Patah Tulang

Sekitar semingguan terakhir rekan-rekan sayah di facebook berbagi kabar soal konflik Israel-Palestina yang makin menjadi-jadi. Saya yang makin ndak punya hati berpikir ini sih “bussines as usual.” Nah ternyata ada yang yang share kabar baik…

West_Bank_&_Gaza_Map_2007_(Settlements)Kabar baiknya adalah Jordania akan kembali menjadi pengawas di kompleks suci Jerusalem. Ini hampir berbarengan dengan peringatan kesepakatan damai Israel-Jordania yang juga menyatakan bahwa negeri kedua negara tidak akan dijadikan tempat oleh negara manapun untuk menyerang salah satu negara.

Namun ini hanyalah tambalan handyplast untuk luka parah Palestina. Seperti bisa dilihat di peta di atas, saat ini “wilayah Palestina” pun masih dianeksasi oleh pemukiman-pemukiman Yahudi. Tentu ini membuat kita mempertanyakan lagi seberapa berdaulat Palestina ini?

Tentu ada solusi final, ada tiga pilihan. Palestina menjadi negara merdeka di luar Israel, Palestina diserap Israel dan menjadi satu negara multikultural, atau Gaza diserap Mesir dan Tepi Barat diserap Yordania (untuk menjamin tidak ada wilayah arab yang berkurang lagi). Tapi siapa mau membayar agar ini dilaksanakan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s