Akhir Permusuhan Guomindang-Gongchandang?

Setelah 65 tahun terusir dari Tiongkok daratan dan mengungsi ke Taiwan kini akhirnya Guomindang meniti jalan baru dalam hubungannya dengan Gongchandang. Besok Presiden Republik Tiongkok akan bertemu dengan Premier Republik Rakyat Tiongkok!

Japs gone, now what m8?

Wtf is this? A blast from the past!

Sejak Ma Ying-jeou memimpin Taiwan tahun 2008 lalu ia membawa arah baru dalam hubungan Taiwan dengan Tiongkok daratan. Ia membawa politik baru dengan tajuk “perdamaian dengan Tiongkok akan membawa kesejahteraan.” Hal ini berkebalikan dengan politik dari partai-partai non-Guomindang yang mengeksplorasi kemungkinan atas kemerdekaan penuh dan menanggalkan nama Tiongkok (Republik of China) dan sepenuhnya menjadi Republik Taiwan.

Tentu saja baik politisi Guomindang dan banyak pihak di Tiongkok daratan banyak yang tidak setuju dengan hal ini. Republik Rakyat Tiongkok menyatakan bahwa bila Taiwan menyatakan kemerdekaannya maka itu akan dianggap suatu pernyataan perang dari Taipei. Bahkan mereka mengundang-undangkan hal ini. Di tahun sesudahnya Guomindang yang kembali memimpin membalik proses nativikasi yang sudah terjadi.

Tapi tidak semuanya seindah itu.

Ma-XiAda yang menyebutkan bahwa kebijakan rapprochment ini justru menurunkan popularitas Ma Yingjeaou di dalam negeri. Namun ia berkeyakinan bahwa melalui perbaikan hubungan dengan Tiongkok daratan maka akan terbuka peluang-peluang ekonomi baru muali dari wisata sampai pembukaan industri-industri baru. Namun di sisi lain ada baiknya kita bertanya-tanya akankah pembukaan pintu bagi Tiongkok daratan ini akan mengulang pengalaman Hongkong ketika arus turis Tiongkok daratan memenuhi rumah sakit dan mengotori perkotaan Hongkong.

Di sisi lain kita juga masih harus menunggu lagi untuk tahu seperti apa nantinya budaya dan suku-suku asli Taiwan nantinya akan ditempatkan dalam bingkai persatuan Tiongkok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s