So Long Great Indonesianist

Edward Said mungkin menggerutu tentang para orientalis yang membuat imaji tentang orient dan memaksakan citra tersebut pada orient yang mengalami dan hidup di dalamnya. Bila itu adalah cara Edward Said memandang orientalisme, maka saya memiliki pandangan lain terhadap Benedict R.O.G. Anderson.

ben-anderson

Sulit bagi saya untuk segera percaya bahwa ia meninggal di Malang pada hari minggu 13 Desember 2015 kemarin. Baru saja ia memberikan kuliah terakhirnya di Universitas Indonesia,tiba-tia ia sudah dipanggil kembali menghadap Tuhan. Kita kehilangan seorang cendekiawan asing yang sedemikian cinta pada Indonesia.

Ia adalah orang kiri. Hal ini tidak dapat dibantah dari cara ia berpihak pada mereka yang dianggap lemah. Lihatlah bukunya Revolusi Pemuda yang melihat revolusi dari para pemuda. Di sisi lain kita bisa melihat bagaimana ia menelan mentah-mentah pernyataan PKI bahwa peristiwa 1965 adalah masalah internal Angkatan Darat ataupun pleidoi Abdul Latief bahwa Soeharto tahu gerakan tersebut.

Dalam buku fenomenalnya Imagined Communities terlihat bahwa ia sungguh meresapi nasionalisme yang terjadi di berbagai bangsa termasuk pengalaman Indonesia. Membaca buku ini kita akan paham kemunculan rasa kebangsaan Indonesia kita dan bagaimana kita meejawantahkannya dalam kehidupan modern.

Diantara buku-bukunya saya baru khatam Komunitas Terbayang saja. Belum ada kesempatan mengakuisisi Kuasa Kata maupun Revolusi Pemuda, apalagi Di Bawah Tiga Bendera. Namun sekian artikel jurnal darinya yang sudah saya baca sungguh menawan.

Sebagai anak hasil imperium Inggris, lahir di Tiongkok dari keluarga Irlandia, yang kedekatannya dengan Inggris menyebabkan sulit diterima nasionalis Irlandia mungkin ia sulit menemukan kebangsaan sejatinya. Namun di Indonesia ia menemukan tempat dengan damai melepas nafas terakhir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s