Ayolah Bang Jonru, tak Perlu Semua Kau Kometari

Bang Jonru, kritisi rezim pemerintahan Jokowi dan kalangan liberal. Kehadirannya adalah hasil dari kebebasan berpendapat di Indonesia. Ia seolah menghujamkan eksistensinya di dunia maya sebagai aktivis anti-Jokowi. Ujung-ujungnya ia kesandung juga, hanya gara-gara foto.

sunrize

Memang saya akui bila foto Jokowi tersebut tampak aneh karena dengan matahari terbit di belakangnya maka harusnya wajah Jokowi akan gelap. Namun tentu juru foto istana dapat menyiasatinya dengan  menggunakan pencahayaan buatan. Namun apa komentar Jonru? (yang keburu dihapus) “Namun jika ternyata ini foto editan, PERTANYAAN BESARNYA adalah: Untuk apa bikin foto editan? Apa relevansinya?

Why are you making circular reasoning? Tentu saja bila ndak ada relevansinya maka ndak perlu diada-adakan toh? Why are you begging this question?

Ayolah bang Jonru. Anda sudah istiqamah mengamati segala kebijakan rezim ini, tentu anda dapat memilah mana yang relevan mana yang tidak. Ndak perlu pakai tinfoil hat level logic gini dong. Apa situ mau bilang Jokowi sebenarnya ndak mengunjungi Papua pada saat tahun baru? Pastinya bila itu yang terjadi sudah banyak yang memberi bocoran.

tinfoil

Sayah ndak hendak melarang Abang untuk mengkritik Jokowi lhoo… Perhatian anda tentang kebijakan yang dilakukan Jokowi adalah kekayaan demokrasi kita. Memang rasanya seperti kerikil di dalam sepatu, tapi siapa yang tahu kalau batu itu sebenarnya intan yang belum diasah.

Tapi coba lihat kali ini. Pernyataan anda menyinggung sang juru potret lho. Beliau merasa profesionalisme diragukan, padahal ia sudah berusaha mempersiapkan foto ini sebaik-baiknya.

Soal tuntutan yang bakal muncul, mari kita sadari bersama bahwasanya kebebasan untuk berbicara selalu diiringi tanggungjawab atas apa yang sudah keluar dari cocor kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s