Kidung Tantri Kediri [Review]

Judul : Kidung Tantri Kediri

Penulis : R.A.G. Soekatno

Penerbit : Yayasan Obor Indonesia

Dimensi : 21cm x 29cm, ix + 334 halaman

KidungTantri_original

Buku ini ditulis oleh Revo Arka Giri Soekatno, seorang penulis dan peneliti yang namanya juga dikenal sebagai penggiat wikipedia Indonesia. Buku ini merupakan hasil dari disertasinya di Universitas Leiden yang telah selesai sejak 2009 lalu. Dengan disponsori Total Indonesie akhirnya disertasi ini terbit sebagai buku di Indonesia dan sampai di tangan saya untuk saya nikmati.

Di antara kita pasti pernah mendengar “Kisah 1001 Malam,” dongen asal Persia yang bersama-sama dengan Islam sampai ke Indonesia dan di dunia barat menjadi salah satu contoh wonder of the orient. Namun seringkali kita tidak mengenal bahwa Nusantara telah mengenal kisah serupa jauh sebelum Islam datang. Kidung Tantri adalah serapan dari kisah fabel Pancatantra dari India. Sementara itu ke arah barat berbagai kisah Pancatantra mengilhami sastrawan Persia menulis “Kisah 1001 Malam.”

Buku setebal lebih dari 300 halaman ini dibagi dalam sembilan bagian (termasuk lampiran-lampiran). Bagian yang paling dominan adalah suntingan teks dan alih bahasa yang memakan 202 halaman (bagian ini amat menggoda untuk saya lewatkan begitu saja). Sebagai kajian filologis, buku ini menjelaskan berbagai hal secara lengkap mengenai naskah-naskah Kidung Tantri Kediri. Mulai dari kedudukan Pancatantra secara umum dalam khazanah sastra Nusantara, ringkasan cerita, aspek kesusatraan, hingga tata bahasa yang digunakan dalam Kidung Tanri ini.

Buku ini amat murah bila kita membandingkan antara harga dengan ketebalannya, dari penerbitnya hanya dibandrol Rp 55 ribu saja. Tentu saja ini amat menguntungkan bagi kita yang ingin mengenal lebih jauh khazanah warisan sastra nusantra. Bagi anda yang tertarik untuk menulis dongeng atau cerita fabel untuk anak, buku ini akan amat berguna untuk menjadi sumber kerangka cerita yang akan anda tulis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s