Jogja Kota Event Wisata

640px-yogyakarta_indonesia_tugu-yogyakarta-02

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya. Dengan puluhan perguruan tinggi dan berbagai pusat budayanya. Berbagai perguruan tinggi ini menarik orang-orang dari luar Yogyakarta dengan kreativitas masing-masing, sementara keraton sebagai pusat budaya tentu terus menghidupkan tradisinya. Tentu saja ini mendorong kalangan kreatif di Yogya untuk berkarya dalam berbagai kegiatan.

Bagi kalangan mahasiswa yang berasal dari luar ini adalah kesempatan amat baik. Kita dapat melihat bagaimana sebuah kota mengartikulasikan gerak hidupnya. Bagaimana berbagai unsur budaya dapat memunculkan suatu ekspresi baru. Tidak pula lupa dengan kesempatan bagi kita untuk bergabung dan beraktivitas dalam kegiatan-kegiatan budaya.

Agar kita tidak mensia-siakan kesempatan ini ada baiknya kita mengenal dari mana saja kita bisa mengenal

wonderfulpart-blogspot

  1. Sekaten dan Gerebeg Maulud. Pada umumnya Sekaten dikenal melalui pasar malamnya, namun selain itu pada rangkaian sekaten dan maulud kita dapat menyaksikan keluarnya gamelan pusaka keraton (miyos gongso) pada tengah malam seminggu sebelum Maulid dan kepulangannya (kundur gongso) pada tengah malam sebelum gerebeg Maulud.

  2. Tawur Agung. Ini adalah kegiatan yang dilakukan umat Hindu sehari sebelum hari raya Nyepi. Pada tahun 2016 selain Tawur Agung di Prambanan juga dilakukan pawai Ogoh-Ogoh di jalan Malioboro.

  3. Festival Kesenian Yogyakarta. Ini adalah rangkaian kegiatan seni yang dilakukan tiap dua tahun. Acara yang dilakukan dalam FKY selalu beragam dan cukup menghebohkan. Tunggu FKY tahun berikutnya!

  4. Sendratari Ramayana. Ini adalah pentas rutin yang dilakukan di kawasan wisata candi Prambanan. Kisah epik klasik Ramayana disajikan dalam kreasi modern yang sepenuhnya menggunakan unsur-unsur tradisional.

20160325_104740

  1. Jogja Air Show. Ini adalah event kompetisi aerosport internasional. Kegiatan seperti terjun payung (skydiving), gantole (hang gliding), paralayang (paragliding) dan lain-lain dapat disaksikan di sini. Bertempat di landas pacu pantai parang kusumo, anda bisa menikmati keindahan pantai selagi menyaksikan aksi para atlet aerosport.

Kegiatan di atas hanyalah sebagian kecil kegiatan yang dilakukan di Yogyakarta. Bila ingin tahu kegiatan lainnya, banyak-banyaklah nongkrong di pusat-pusat budaya seperti Taman Budaya, Lembaga Indonesia-Prancis, Bentara Budaya, dll. Bahkan tiap desa bisa jadi memiliki kegiatannya sendiri-sendiri. Kesempatan untuk menikmati berbagai kegiatan yang hampir tidak terbatas ini akhirnya kembali pada anda untuk dapat mengeksplorasinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s