Dahlan Iskan, Ribut Lagi Soal Mobil Listrik

Dahlan Iskan, selebritis dunia usaha dan pemerintahan satu ini memang jarang lepas dari berita. Ya iyalah, wong dia pegang Jawa Pos. Lepas dari pemerintahan SBY pun akhirnya Dahlan Iskan masuk lagi dalam jagad berita terkait kasus berbagai kasus korupsi yang melibatkannya.

dahlan_tolak_anginAttention whore.

Itulah kesan saya soal polah Dahlan Iskan yang sering diliput media. Saya sih ndak masalah dengan berbagai hal yang sering digaungkan oleh media sebagai inovasi dalam manajemen PLN dan BUMN. Namun hal yang sangat mengganggu saya adalah bagaimana Dahlan Iskan menangani soal “mobil nasional” dari zamannya masih bersama dengan Tucuxi yang berakhir dengan kecelakaan.

Sebelum beralih ke sana mari kita melihat lagi bagaimana mobil listrik yang dibuat pada tahun 2013 lalu gagal dan kemudian menjadi dugaan korupsi oleh Kejaksaan Agung. Kejaksaan menyatakan mobil-mobil tersebut sama-sekali tidak berfungsi padahal sudah dibiayai sebanyak 32 Milyar oleh BUMN yang bernaung dibawah kementrian BUMN pimpinan Dahlan Iskan.

mobilSebelum beralih kehebohan soal laik jalan atau tidaknya mari kita telaah lagi apa yang terjadi. Dahlan Iskan, seorang mentri BUMN meminta agar BUMN-BUMN menyumbang ke dalam proyek pengadaan mobil listrik yang akan digunakan dalam KTT APEC. Dana yang digunakan adalah dana Corporate Social Responsibility masing-masing perusahaan. Dana yang ada digunakan oleh perusahaan yeng entah bagaimana Dahlan Iskan memilihnya.

Ada 3 hal yang menjadi indikasi kasus ini adalah kasus korupsi yaitu:

  1. Dahlan Iskan sebagai seorang mentri BUMN meminta BUMN memberikan bantuan dana untuk pengadaan mobil KTT APEC.
  2. Dana yang digunakan adalah dana CSR masing-masing perusahaan. Jamaknya dana CSR diberikan kepada masyarakat atau lembaga yang melakukan proyek ke masyarakat bukan untuk proyek “pemerintah” (KTT APEC).
  3. Perusahaan tidak dipilih melalui tender melainkan rekan dari Dahlan Iskan yang selama ini bekerja sama dalam pembuatan mobil elektrik

Silahkan anda nilai sendiri benarkah Dahlan Iskan dengan tulus berniat membuat Mobil Nasional ataukah ia hanya ingin memanfaatkan momen untuk pencitraan pribadinya?

Kini Ricky Elson, insinyur utama pembuat mobil ini amat butthurt dengan kondisi yang membuat karyanya mangkrak tidak berjalan. Di facebook ia curhat tentang ketidakberdayaan ia menghadapi uji kelaikan di departemen perhubungan. Ia menolak semua pernyataan kejaksaan yang mengatakan bahwa karyanya tidak mampu berjalan sesuai standar kelaikan. Tentu saja, ini hanyalah omongan he said-she said. Sayah ndak bisa ikutan menghakimi karena saya ndak tau standar kelaikan yang dipegang kementrian perhubungan kek mana. Entah mengapa Ricky Elson bercerita seolah-olah ada konspirasi dari pemerintah menahan karya anak bangsa. Da man keepin us down!

butthurt_ElsonIni membuat saya menengok ke belakang, dahulu Dahlan Iskan mengatakan akan menunggu izin dari kementrian Riset dan Teknologi untuk menggunakan mobil ini dan juga untuk melanjutkan pengembangan mobil listrik karyanya. Can you smell the bullshit there? Izin penggunaan di jalan raya bergantung pada kementrian perhubungan sementara hal-hal terkait perindustrian ada di kementrian perindustrian atau kementrian perdagangan. Kenapa juga Kementrian Ristek dibawa-bawa?

Dulu saya mengumpat-umpat, entah saya yang dibegoin wartawan atau Dahlan Iskan sendiri. Ketika muncul lagi berita bahwa mobil listrik yang dibuat Ricky Elson tidak lulus uji kelaikan dari kementrian perhubungan saya membatin akhirnya ke kementrian perhubungan juga.

Tapi entahlah, pemberitaan-pemberitaan terdahulu yang tampak ingin menarik simpati bagi Dahlan Iskan sudah membuat saya jengah. Soal Tucuxi pun Dahlan Iskan nekat menggunakannya tanpa izin. Kini pihak Dahlan Iskan malah memberikan alsan-alasan untuk membela diri dan menyalahkan pihak lain. Saya hanya dapat mojok di pinggiran geleng-geleng kepala saja.

=================

Mari kita pisahkan antara konflik kepentingan (=Korupsi) Dahlan Iskan dengan masalah laik jalan atau tidaknya mobil Selo & Gendhis. Saran saya sih jangan gampang percaya siapapun. Apalagi para pejabat. Memang ngaco kalau mobil listrik kok ada uji emisi. Tapi dari dulu juga Dahlan Iskan ngaco juga kok.

=================

Bila ingin membuat mobil nasional maka seriusilah dalam masalah pembuatan perusahaannya. Lihat Tesla Motor, meski penundaan terus mendera mereka namun banyak yang percaya mereka akan membuat mobil listrik dengan harga terjangkau. Diam-diam saya gatal jugak ingin memberi tag Hoax pada tulisan kali ini.

Advertisements

3 thoughts on “Dahlan Iskan, Ribut Lagi Soal Mobil Listrik

  1. Pingback: Dahlan Iskan (II) | ayatayatadit

  2. Pingback: Pemenjaraan Dasep: Fair atau Tidak? | ayatayatadit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s