Dawlah al-Islamiyah fi ‘Iraq wa asy-Syam [New Bad Boy]

Assalamualaykum rekan-rekan sekalian.

Kali ini serial jihad ayatayatadit akan membahas kelompok dengan nama [الدولة الاسلامية في العراق والشام], sampeyan bisa menyebutnya sesuai judul artikel ini atau boleh juga baca dengan nama kerennya “Islamic State of Iraq & Levant” atau “Islamic State of Iraq and Sham.” Kelompok satu ini berasal dari Iraq, aktif di Iraq dan ikut bikin kisruh di Suriah, dan yang paling lezat buat gosip, hubungannya dengan Al-Qaidah lumayan ajaib.

Emblem ISIS, perhatikan model ar-rayah yang digunakan tipikal al-Qaidah.

Emblem ISIS, perhatikan model ar-rayah yang digunakan adalahtipikal al-Qaidah.

Kehadiran ISIS bisa ditarik cukup panjang, dimulai dari kelompok Jama’ah Tauhid wal Jihad yang dipimpin oleh abu Mus’ab al-Zarqawi dari Jordan. Kelompok ini mengumpulkan kontak mujahidin untuk usaha menjatuhkan kerajaan Jordan. Setelah invasi AS ke Afghanistan ia mengungsi ke Iraq, ini dijadikan alasan untuk menghubungkan Saddam Hussein dengan Usamah bin Ladin dan terjadilah invasi As ke Iraq 2003. Di tengah kacaunya Iraq, Zarqawi menyatakan bai’at pada Usamah dan berdirilah al-Qaidah in Iraq.

Kelompok ini dikenal bengis sekaligus efektif. Jika kelompok perlawanan Sunni lainnya melakukan perlawanan konvensional, maka mereka melakukan bom bunuh diri dan penculikan. Tampaknya mereka juga kelompok pertama yang melakukan serangan IED (Improvised Explosive Devices). Jika dibandingkan kelompok lain, mereka juga memiliki pendanaan lumayan dari penarikan jizyah kepada berbagai kabilah (jizyah pada sesama muslim?) maupun pembajakan dan perampokan.

Amerika sudah hengkang dari Iraq, apa kabar mereka? Tahun berganti tahun, nama pun berganti. Tapi aksi tetap berlanjut.

1

Jihad is stronk! Di sini anda menyaksikan sepotong pemandangan pos polisi/tentara Iraq yang dihajar oleh mujahidin. Selanjutnya adalah pemandangan luar biasa:

2

Yup, pos ini diruntuhkan.

Mungkin anda bertanya-tanya, setelah perginya Amerika untuk apa perang saudara ini berlanjut? Islamic State of Iraq menyatakan mereka memerangi pemerintahan Nouri al-Maliki dari kalangan syiah. Ia memonopoli kekuasaan setelah berhasil menyingkirkan pengaruh kalangan sunni dari pemerintahannya. Tidak ada tempat bagi Sunni di Iraq yang baru, kini mereka hanya bisa memilih menjadi pemberontak.

drive by shooting, now that’s gangsta!

Rupa-rupanya sekedar berjuang di Iraq tidak cukup. Kekacauan yang terjadi di Suriah memberi kesempatan bagi mereka untuk ikut serta. Abu Bakr al-Baghdadi, amir Islamic State of Iraq pada 2013 menyatakan Jabhat Al Nusra sebagai bagian dari kelompoknya, yang segera dibantah oleh amir Jabhat al-Nusra. Mereka memang kelompok terkuat di Suriah, dan memasok pendanaan maupun relawan non-Suriah Jabhat al-Nusra. Di sini ISI menambahkan Syam/Levant sebagai wilayah operasi mereka.

Ayman al-Zawahiri, amir al-Qaidah, menyatakan Jabhat an-Nusrah berada langsung di bawahnya. Mujahidin Jabhat an-Nusrah dan Ahrar asy-Syam (kelompok ini sampai 2014 memiliki status ambigu dengan al Qaidah) merasa kehadiran ISIS mengambil alih peran mereka. Rupa-rupanya justru terjadi perang di antara mereka, bahkan salah satu komandan Ahrar as-Syam pun dibom. Tentu saja Zawahiri tidak senang, ia mengingatkan Baghdadi bahwa ia memiliki kewajiban mematuhinya sebagai amir penerus Usamah bin Ladin.

Great isn’t it? They told Amir of al-Qaidah to BTFO!

==============

Buat tulis ini sayah nonton video propaganda ISIS & baca wikipedia, sayang sekali videonyah udah dihapus dari youtube. Sayah cari lagi judulnya ternyata ada yang upload ulang di sini. Kalu udah dihapus jugak coba tanya mbah google soal video berjudul “مؤسسة الفرقان تقدم صليل الصوارم”.

Advertisements

3 thoughts on “Dawlah al-Islamiyah fi ‘Iraq wa asy-Syam [New Bad Boy]

  1. Pingback: Kereta Perang Toyota | ayatayatadit

  2. Pingback: Perkara Rolex | ayatayatadit

  3. Pingback: Mengenali Propaganda | ayatayatadit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s